Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Ranah Afektif Pada Pembelajaran PAi Di SMP Negeri 26 Rejang Lebong

Suwandi, Reko (2019) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Ranah Afektif Pada Pembelajaran PAi Di SMP Negeri 26 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 26 REJANG LE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah merupakan Mata pelajaran, salah satuh pelajaran yang di ajarkan di sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Mata pelajaran ini di rasakan kurang di gemari siswa. Karena dalam peroses pembelajaranya biasanya guru hanya menggunakan metode tradisonal dalam menyampaikan pelajaran dan tidak memilikin kesan yang menarik bagi siswa, hal ini menyebabkan rendanya tingkat pemahaman pesartadidik di SMPN 26 Rejang Lebong terhadap Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ini. untuk itu di perlukan adanya upaya yang dilakukan guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan ranah afektif pada pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui upaya yang di lakukan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan ranah afektif pada pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 26 Rejang Lebong dengan menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data utama dari penelitian ini dari lapangan dengan mengadakan pengamatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi dengan pengecekakan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam SMP negeri 26 Rejang lebong dalam meningkatkan ranah afektif pada pembelajaran PAI di kelas VIII yaitu dengan menanamkan nilai-nilai sikap terpuji, dan berusaha menjadi tauladan yang baik bagi para peserta didiknya dan mengambangkan materi bahan ajar dengan sterategi yang bagus agar muda di pahami pesarta didik sehingga pesarta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Faktor penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif pada pembelajaran PAI kepada peserta didik di SMP Negeri 26 Rejang Lebong, yaitu: Kurangnya alokasi waktu, sarana pendukung, keterbatasan pengawasan peserta didik selama 24 jam penuh, kurang memungkinkannya pemakaian berbagai metode pembelajaran, masih banyaknya pelanggaran Tata Tertib sekolah dan kondisi lingkungan tempat tinggal para peserta didik yang kurang mendukun

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suwandi, RekoUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRatnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
ReviewerFadilah, FadilahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI); Ranah afektif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:22
Last Modified: 30 Oct 2019 04:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item