Implementasi Manajemen Kurikulum Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Rejang Lebong Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Salvana, Marisa and Bahri, Syaiful and Sahib, Abdul (2023) Implementasi Manajemen Kurikulum Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Rejang Lebong Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MARISA.pdf

Download (753kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Manajemen Kurikulum Sekolah Luar Biasa Negeri 01 Rejang Lebong Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) beserta kendala dan solusi yang ada di SLB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, subyek penelitian meliputi kepala sekolah, waka/sie kurikulum, guru.Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen kurikulum pendidikan ABK terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan SLB Negeri 01 Rejang Lebong melakukan beberapa proses, yakni identifikasi yang dilakukan oleh pihak medis, asesmen dengan mendatangkan ahli psikolog, membentuk tim pengembangan kurikulum, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran. Untuk strategi pelaksanaan kurikulum yakni ekstensi (perluasan materi) dan pemilihan metode sesuai prosedur pedagogis. Pada evaluasi, dalam tingkatan sekolah melakukan peninjauan, pengembangan dan perbaikan kurikulum, sedangkan dalam tingkatan kelas melakukan penilaian dan mengukur kemampuan dan perkembangan ABK. Untuk strategi evaluasi kurikulum yakni dengan melakukan evaluasi baik dari perspektif intelektual maupun keterampilan. Implementasi manajemen kurikulum pendidikan ABK di SLB Negeri 01 Rejang Lebong ini tidak lepas dari kendala dan solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah. Kendala yang dialami yakni: 1) kompetensi guru yang beragam; 2) kondisi siswa yang beragam; serta 3) pihak orang tua yang tidak bekerjasama dengan pihak sekolah dalam perkembangan anaknya. Sedangkan untuk solusinya yakni: 1) pihak sekolah dan pengawas melakukan pembinaan dan pendampingan kepada guru; 2) mengadakan workshop kurikulum; 3) melakukan analisi kebutuhan ABK sesuai hasil asesmen; 4) melakukan pembelajaran individual; dan 5) menjalin komunikasi dan kerjasama pada orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Salvana, Marisamarisasalvana@students.iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:42
Last Modified: 26 Feb 2024 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item