Metode pembelajaran tadarruj dan Relevansinya terhadap pendidikan dasar islam (Studi Pemikiran Ibnu Khaldun)

Tri Astuti, Yuli and Fakhruddin, Fakhruddin and Sahib, Abdul (2023) Metode pembelajaran tadarruj dan Relevansinya terhadap pendidikan dasar islam (Studi Pemikiran Ibnu Khaldun). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
METODE PEMBELAJARAN TADARRUJ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Pemikiran Ibnu Khaldun).pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan stategi yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, karena ia menjadi sarana yang sangat bermakna dalam materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan. Dalam mengajarkan Pendidikan dasar islam kepada anak ataupun peserta didik tidak dapat dipaksa dan tidak bisa di lakukan secara terburu-buru. Setiap anak memiliki daya tangkap dan daya ingat yang berbeda, maka dari itu untuk mengajarkan atau mendidik anak dibutuhkan metode yang tepat agar peserta didik dapat menangkap materi pembelajaran secara baik. Ada beberapa jenis metode yang sangat penting menurut Ibnu khladun, dalam penelitian ini peneliti ingin mengkaji tentang metode pembelajaran tadarruj dan relevansinya dalam pendidikan dasar Islam (studi pemikiran Ibnu Khaldun), karena untuk mengetahui apakah metode tadarruj ini sangat tepat untuk di gunakan dalam proses pembelajaran terutama dalam Pendidikan dasar islam. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian library research. Pada penelitian ini data-data dapat diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dengan menggunakan buku, jurnal dan sumber lainnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis data dengan menggunakan metode analisis isi. Dari penelitian ini, maka di peroleh hasil bahwa metode pembelajaran tadarruj sangar relevan terhadap pendidikan dasar Islam, terutama dalam menciptakan anak didik yang berakhlak, beriman, dan bertaqwa kepada Allah swt. Dalam mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didi, metode tadarruj sangat tepat di gunakan, karena metode tadarruj ini merupakan metode yang di terapkan secara bertahan dan secara perlahan, sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami pendidikan Islam dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tri Astuti, YuliYulitriastuti@students.iaincurup.ac.id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:07
Last Modified: 26 Feb 2024 07:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5966

Actions (login required)

View Item View Item