Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Di Min 01 Dusun Curup

Elvianti, Linda (2016) Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Di Min 01 Dusun Curup. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru dan karyawan sekolah. Kepala madrasah, guru dan peserta didik serta masyarakat harus bekerjasama melakukan inovasi berkaitan dengan masalah kurikulum, pembelajaran, manajerial dan lain sebagainya yang tumbuh dari aktivitas, kreativitas dan professional yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis fungsi manajemen yang diterapkan di MIN 01 Dusun Curup, hasil dari implementasi manajemen POAC dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MIN 01 Dusun Curup (Analisis Perspektif POAC)”. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Dusun Curup kabupaten Rejang Lebong yang jumlah siswanya 277 orang, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek MIN 01 Dusun Curup, pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi, wawancara dilaksanakan dengan pimpinan madrasah, guru, karyawan dan komite madrasah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. uji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan triangulasi sumber tehnik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil dari pelaksanaan proses perencanaan yang dilakukan pada MIN 01 Dusun Curup terdiri dari perencanaan yang dilakukan dalam bentuk jangka panjang pelayanan (administrasi, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan peningkatan disiplin dari pendidik dan kependidikan). Sedangkan perencanaan jangka pendek dalam bentuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan rutin maupun yang sifatnya insidentil. (2) Pengorganisasian merupakan aktifitas dalam melakukan penyusunan tim kerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditetapkan untuk mencapai target organisasi yang efektif dan efesien. (3) Realisasi dari seluruh perencana dan pengorganisasian, dapat diwujudkan dalam tindakan nyata. Wujud nyata dalam melaksanakan tugas kantor baik, untuk keberhasilan jangka panjang maupun jangka pendek pada min 01 Dusun Curup dilakukan dengan memberikan program motivasi agar dalam melaksanakan tugas pekerjaan yang telah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik. (4) Evaluasi di madrasah dapat berfungsi untuk dijadikan sebagai feed back dalam rangka memperbaiki dan mengembangkan program, serta dapat memberikan informasi tentang perkembangan dan ketercapaian program untuk selanjutnya digunakan untuk meningkatkan mutu program berikutnya. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manejemen POAC di Min 01 Dusun Curup sangat bervariasi dalam setiap bidangnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Elvianti, LindaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHidayat, RahmadUNSPECIFIED
ReviewerAsha, LukmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen berbasia Madrasah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:48
Last Modified: 29 Oct 2019 13:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item