Implementasi Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas II Sdit Khoiru Ummah

noviyanti, indah and Ifnaldi, Ifnaldi and guntur, putrajaya (2023) Implementasi Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas II Sdit Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.

[img] Text
Skripsi INDAH NOVIYANTI 18591051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa resmi Indonesia adalah bahasa Indonesia, dan bahasa nasional. Untuk kebutuhan sehari-hari, bahasa Indonesia adalah bahasa komunikasi. Era globalisasi yang didalamnya terdapat manusia berkualitas sering disebut sebagai era pengetahuan. Manusia harus menjalani proses berlarut-larut yang dikenal dengan proses belajar agar dapat berkembang menjadi manusia yang baik. Kegiatan membaca termasuk dalam proses pembelajaran karena mendengar dan menerima informasi dari guru hanyalah salah satu bagian saja. Empat komponen keterampilan berbahasa yang sering dimasukkan dalam kurikulum sekolah adalah: (1) kemampuan menyimak dan berbicara; (2) keterampilan berbicara; (3) keterampilan membaca; dan (4) keterampilan menulis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan membaca nyaring dalam keterampilan membaca dan hasil pelaksanaan membaca nyaring dalam keterampilan membaca. Jenis penelitian yang digunakan ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian guru kelas dan murid kelas II SDIT KU. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obesrvasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian metode reading aloud (membaca nyaring), proses pelaksanaan terbagi menjadi tiga aspek utama perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi membaca nyaring untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDIT Khoiru Ummah. Membaca nyaring merupakan metode yang direncanakan berdasarkan cara pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil pelaksanaan metode reading aloud (membaca nyaring) dalam mengembangkan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDIT KU dilakukan dengan baik dari ketepatan menyuarakan tulisan, kewajaran lafal, ketepatan intonasi, kelancaran membaca, dan kenyaringan suara membaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
noviyanti, indahindahnovianti@students.iaincurup.ac.id
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
guntur, putrajayaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:36
Last Modified: 07 Feb 2024 07:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5649

Actions (login required)

View Item View Item