Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs S 02 Al-Munawwaroh Kepahiang

Wati, Paiza and Hakim, Ihsan Nul and Muhammad, Idris (2023) Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di MTs S 02 Al-Munawwaroh Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PAIZA WATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi dalam proses membaca Al-Qur'an, terjadi dalam proses mengikuti pembelajaran Al -Qur'an masih kurang. Dalam kegiatan Membaca Al-Qur’an di sini siswa terlihat kesulitan dalam membedakan huruf Hijaiyah ,seperti hal nya س، ش ،،ض ظ ذ زdan sulit dalam merangkai huruf dalam Al Qur'an , apa lagi mengenai makhrajnya atau cara melafalkan huruf dalam suatu kalimat dari ayat-ayat Al-Qur’an, maupun juga dalam memahami serta mempraktikkan dari bentuk-bentuk bacaan yang ada dalam Al-Qur’an, Bahkan dalam menerapkan bacaannya juga masih kurang seperti halnya tentang bacaan tajwidnya (izhar, idghom, ikhfa dan juga iqlab). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru Al-Qur'an dalam mengatasi kusulitan siswa membaca Al-Qur'an di MTs S 02 Al-Munawwaroh dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa membaca Al-Qur'an di MTs S 02 Al-Munawwaroh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian siswa di MTs S 02 Al-Munawwaroh mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an karena faktor yang pertama minat mereka dalam membaca Al-Qur’an yang kurang, yang kedua karena latar mereka yang memang tidak memberikan motivasi seperti orang tua yang tidak terlalu menyarankan anaknya untuk belajar Al-Qur’an, yang ketiga karena belum ada kesadaran bahwa Al-Qur’an adalah sebuah kebutuhan, bagi mereka kebutuhan itu adalah kerja. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor kesadaran dan kurangnya motivasi dari siswa tersebut sehingga siswa sangat sulit untuk belajar Al-Qur’an, dan karena teknologi semakin canggih siswa lebih tertarik pada teknologi tersebut ketimbang mempelajari membaca Al-Qur’an. Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an belum terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang tidak antusias dan bermalas-malasan saat membaca Al- Qur’an walau sebagian siswa tertarik dan ingin belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wati, Paizapaizawati38@gmail.com
Hakim, Ihsan NulIhsannulhakim@iaincurup.co.id
Muhammad, Idrisidrismuhammad@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:57
Last Modified: 17 Jan 2024 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item