Model Dakwah Da’i Millenial(Studi Analisis Metode Dakwah Husain Basyaiban Pada Akun Media Sosial Tiktok)

Yuliana, Rini and Kamil, Pajrun and konggoro, dete (2023) Model Dakwah Da’i Millenial(Studi Analisis Metode Dakwah Husain Basyaiban Pada Akun Media Sosial Tiktok). Sarjana thesis, Institut agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dakwah termasuk dalam suatu aktivitas atau kegiatan peningkatan iman menurut syariat islam. Hadirnya teknologi akan menjadikan manfaat dan peluang besar untuk berdakwah. Globalisasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dakwah online layak diterapkan untuk mengikuti laju perkembangan zaman, macam-macam alat komunikasi yang sudah modern dan juga sudah berkembang dan menyebar ditengah-tengah masyarakat, sehingga dakwah online memiliki cakupan yang lebih luas. Dari hal-hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dakwah bil lisan dan bil hal yang dilakukan secara online melalui akun tiktok Husain Basyaiban. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah video dakwah di tiktok Husain Basyaiban pada bulan agustus 2023. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Akun tiktok Husain Basyaiban adalah akun dakwah yang memiliki banyak pengikut, rata rata pengikutnya adalah kalangan Generasi Z. Mempunyai 988 video sampai bulan juli 2023. Dakwah online yang dilakukan Husain Basyaiban dalam akun Tiktoknya @kadamsidik00. Dakwah online versi Husain memiliki ciri khas tersendiri, Metode dakwah bil lisan diterapkan oleh Husain Basyaiban ketika berdakwah di media sosial yaitu menggunakan metode ceramah yang berisi nasihat-nasihat yang baik dengan menggunakan kalimat sederhana, mudah dimengerti, dan dapat dipahami secara spontan oleh para mad’u dengan menggunakan perkataan perkataan yang menyentuh objek dakwah. Kemudian Dakwah bil hal merupakan dakwah yang menuntut da’inya untuk melakukan keteladanan. Dakwah dengan tindakan atau keteladanan ini lebih efektif untuk melakukan perubahan kepada masyarakat khususnya generasi millenial, karena perbuatan yang dilakukan da’i dapat dilihat secara langsung sehingga masyarakat tertarik dengan dakwah ini. Bentuk dari dakwah bil hal ada berbagai macam, contoh yang paling sederhana yang dilakukan Husain Basyaiban shalat berjama’ah di masjid. Kata Kunci: Dakwah online, Tiktok, Generasi Millenial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yuliana, RiniUNSPECIFIED
Kamil, Pajrunpajrunkamil@iaincurup.ac.id
konggoro, detedete@iaincurup@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:00
Last Modified: 05 Jan 2024 03:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item