Lestari, Mugi (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Ipa Di Sdn 141 Sindang Kelingi. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJAR.pdf Download (363MB) |
Abstract
Sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran haruslah dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif, kereatif, serta menyenangkan bagi siswa, dengan tujuan dapat mengembangkan wawasan serta pengetahuan siswa. Maka pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun juga dapat dilakukan di luar kelas (outdoor). Sedangkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang tersusun secara sistematik dan dalam penggunaan secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Maka pembelajaran outdoor learning sangat tepat digunakan oleh guru dalam mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merupakan ilmu pengetahuan yang membahas gejela dan fenomena yang ada dialam dengan mempunyai objek dan menggunakan metode ilmiah. Penelitien ini menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, angket serta dokumentasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang siswa kelas IV SDN 141 Sindang Kelingi, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah randorm sampling. Adapun hasil penelitian ini bahwa pelakasanaan metode outdoor learning yang digunakan guru IPA di SD Negeri 141 Sindang Kelingi di kelas IV telah berjalan dengan baik meskipun guru dalam melaksanakan langkah persiapan masih dilakukan secara terkadang dan tidak sering, langkah pelaksanaan, serta tindak lanjut yang dilakukan juga masih dilakukan secara terkadang, sedangkan idealnya dilakukan secara sering bahkan selalu dilaksanakan oleh guru. Kemudian Motivasi siswa kelas IV SD Negeri 141 Sindang Kelingi dalam mengikuti pembelajaran IPA setelah dilaksanakan metode mengajar outdoor learning menjadi cukup baik, meski siswa masih banyak yang melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru pada posisi kadang-kadang yang artinya terkadang memiliki keinginan, terkadang tidak. Serta Terdapat pengaruh yang kuat antara metode outdoor learning yang digunakan oleh guru IPA terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Outdoor Learning; Motivasi | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2019 13:46 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2019 13:46 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/544 |
Actions (login required)
View Item |