Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sdn 99 Rejang Lebong

Sari, Enita and Susilawati, Susilawati and Dewi, Jauhari Kumara (2023) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sdn 99 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DOC-20230818-WA0011..pdf

Download (3MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 99 REJANG LEBONG ABSTRAK Pada penelitian ini dilatar belakangi dengan pengunaan model pembelajaran Think Talk Write yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi, komunikasi, siswa dilatih untuk berfikir kreatif, siap mengemukakan pendapatnya sendiri secara obyektif, menghargai pendapat orang lain, dan melatih siswa untuk menulis hasil diskusinya agar siswa paham akan materi pembelajaran. Dan berkaitan dengan model pembelajaran Think Talk Write dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menentukan pokok pikiran dan kalimat pengembang pada siswa kelas V SDN 99 Rejang Lebong tahun ajaran 2023-2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre-Test Post-Test Desingns yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 21 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar bahasa Indonesia, observasi aktivitas belajar siswa, dokumentasi sebagai data pendukung, analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar murid terhadap model pembelajaran think talk write positif, pemahaman materi dan konsep dari bahasa indonesia dengan model pembelajaran think talk write ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan model pembelajaran think talk write. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai yang diperoleh adalah 8,58 dengan frekuensi db=21-1 =20, pada taraf signifikansi 5% diperoleh = 2,08596. Jadi, atau hipotesis nol () ditolak dan hopotesis alternative () diterima. Hal ini dapat membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran think talk write. Kata kunci: Meningkat, Hasil belajar, model pembelajaran Think Talk Write (TTW).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Enitaenitasari576@gmail.com
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Dewi, Jauhari Kumarajauharikumara@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:21
Last Modified: 18 Aug 2023 08:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5269

Actions (login required)

View Item View Item