Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting Pada Kelompok B Di Ra Rabbi Radhiyya Curup

Abdiah Wanda Mutiara, Wanda and Rahman, Abdul and Amrillah, H.M Taufik (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting Pada Kelompok B Di Ra Rabbi Radhiyya Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
backup_20230818_160506.sql

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat anak yang belum berkembang pada motorik halusnya, sehingga perlu upaya-upaya dalam meningkatkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting pola. Hasil dari observasi, kefokusan saat melakukan kegiatan, menjaga diri sendiri dari benda yang dapat membahayakan dirinya sendiri, belum terbiasa menggunakan benda tajam, jari-jari tangan anak belum terlalu lentur memegang gunting, kurangnya rasa sabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motorik halus anak, upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun, dan hasil upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun melalui kegiatan menggunting pola du RA Rabbi Radhiyya Curup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam bahasa inggris dikenal dengan Classroom Action Ressarch (CAR) model Kemmus dan MC. Taggart. Disini peneliti sebagai pengamat, selanjutnya mengumpulkan data, menganalisis data, serta melaporkan hasil penelitian dibantu guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kondisi anak masih belum berkembang sebelum dilakukan tindakan. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru selama ini dengan arahan dan bernyanyi pada saat pembelajaran dikelas setiap harinya. Sehingga hasil metode ini hanya ada 5 anak dari 15 anak yang mengalami perubahan sementara. Kedua, upaya dalam meningkatkan motorik halus anak dengan menggunakan kegiatan menggunting pola pada tema alat komunikasi dan hewan ciptaan tuhan selama 4 pertemuan setiap siklus terdiri dari 2 pertemyan dalam 2 siklus. Ketiga, hasilnya adalah pra siklus mendapatkan total rata-rata 50,dengan kategori penilaian Belum Berkembang (BB), siklus I motorik haus anak meningkat menjadi 23 dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan siklus II meningkat menjadi 33 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Dalam hal ini kegiatan menggunting pola dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun di RA Rabbi Radhiyya Curup. Kegiatan menggunting pola perlu digunakan walaupun sudah beda kurikulum banyak pola karena kegiatan menggunting pola adalah nilai-nilai pembelajaran yang tetap dipertahankan dan kegiatan menggunting masih bisa digunakan oleh para pendidik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Abdiah Wanda Mutiara, WandaWandayu24023@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:12
Last Modified: 18 Aug 2023 09:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item