Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkanself-Concept Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 9 Rejang Lebong

Putri Utami, Widya Khlora and Fakhruddin, Fakhruddin and Septiana, Anisya (2023) Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkanself-Concept Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 9 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
widdya khlora .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Widya Khlora Putri Utami. 2023. Penerapan Pendekatan Problem solving Unutuk Meningkatkan Self-concept Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Rejang Lebong. Skripsi, Program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya self-concept matematis siswa, karena kurang percaya diri terhadap jawabannya sendiri. Pendekatan Problem solving di sekolah tersebut masih dikatakan kurang, karena siswa kesulitan dalam mengerjakan soal matematika.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-concept matematis siswadalampembelajaranmatematikadenganpendekatanproblemsolving dikelas VIIIA SMP Negeri 9 Rejang Lebong. PenelitianinimerupakanPenelitianeksperimen yang dilaksanakan dalam dua treament sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 Rejang Lebong yang terdiridari 21 siswa. Data dalam penelitian inidiperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, danangketself-conceptmatematis siswa terkait analisis data pengkategorian dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatanproblemsolvingdalampembelajaranmatematika terlaksana dengan sangat baik di kelas VIII SMPNegeri 9 Rejang Lebong dan tanggapan siswa terhadap self-concept sebelum treatment yaitu 47,60% meningkat setelah pemberian treatment denganpersentase 95,20%, jadi tanggapan siswa lebih positif terhadap self-concept matematis setelah treatment . Perolehan nilai tersebut kemudian dihitung dengan N-Gain dan diperoleh skor N-Gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi dan persentase N-Gain sebesar 78,97% dengan kategori efektif. Kata kunci : Pendekatan, Problem solving, Self-concept matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri Utami, Widya Khlorawidiyacurup16@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:46
Last Modified: 21 Aug 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item