Hepi, Nuryadin and Bahri, Syaiful and Anisya, Septiana (2023) Eranan Program Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Dampak Negatif Di Era Society 5.0 Terhadap Generasi Alpha di Kecamatan Curup Utara. Sarjana thesis, Institute Agama Islam Negeri Curup.
Text
Hepi Nuryadin.19591098.PGMI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan dasar bagi generasi alpha memberikan peranan sebagai fasilitator dalam penanganan dampak negatif dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat demi mewujudkan lingkungan yang aman dan baik bagi generasi alpha. Pada era society 5.0 yang telah kita rasakan ini terdapat beberapa kasus yang melibatkan generasi alpha di Kecamatan Curup Utara. Dan semua generasi tersebut masih menduduki bangku pendidikan di madrasah ibtidaiyah. Madrasah ibtidaiyah yang ada di kecamatan Curup Utara adalah MIN 1 Rejang Lebong, MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang dan MIS GUPPI 13 Tasikmalaya Penelitian ini bertujuan; Mengetahui peranan program Madrasah Ibtidaiyah dalam menghadapi dampak negatif di era society 5.0 terhadap generasi Alpha di kecamatan Curup Utara; Memahami upaya program Madrasah Ibtidaiyah dalam menghadapi dampak negatif di era society 5.0 terhadap generasi Alpha di kecamatan Curup Utara; dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di tiga Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Curup Utara. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah pada masing-masing Madrasah Ibtidaiyah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data, display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Program Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kecamatan Curup Utara menjalankan peran penting dengan menjadi fasilitas untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dan menjadi wadah dalam membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang tertuang dalam visi-misi Madrasah Ibtidaiyah tersebut; Upaya Program Madrasah Ibtidaiyah dalam menghadapi dampak negatif di era society 5.0 dengan melaksanakan program-program pengembangan diri yang bisa menyibukkan peserta didik kepada hal yang positif diantaranya pengembangan minat dan bakat, penanaman kebiasaan yang baik serta pencegahan awal terhadap dampak negatif teknologi. Novelty penelitian ini adalah peranan Madrasah Ibtidaiyah terhadap generasi alpha pada era society 5.0
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 33 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:37 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5227 |
Actions (login required)
View Item |