Meningkatkan Self Esteem Dengan Menggunakan Cognitive Behaviour Therapy Pada Peserta Didik Di Kelas X SMA Negeri 04 Rejang Lebong

Aminah, Siti and Rizal, Syamsul and Nafrial, Nafrial (2023) Meningkatkan Self Esteem Dengan Menggunakan Cognitive Behaviour Therapy Pada Peserta Didik Di Kelas X SMA Negeri 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
skripsi mimin self esteem terbaru fix-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang kurang memiliki self esteem atau penghargaan bagi dirinya sendiri tergolong rendah, yang berdampak terhadap kurangnya rasa percaya diri dan dalam proses pembelajaran guru masih sering menjumpai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, karena siswa tidak yakin bahwa dirinya memiliki kemampuan dalam menguasai materi dan tidak percaya diri ketika disuruh tampil didepan umum. Dengan adanya permasalahan tersebut cognitive behavior therapy dapat digunakan untuk mengatasi self esteem yang rendah pada peserta didik, diharapkan dapat mengubah kognitif peserta didik yang memiliki pemikiran negatif sehingga dapat bertingkah laku menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baik dan dapat tampil percaya diri atas kemampuan yang peserta didik miliki. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen design atau dapat dikatakan sebagai pre-experimental design yang berbentuk one group pretest-posttest pada desain ini peneliti memberikan perlakuan pada kelompok studi yang sebelumnya sudah diukur (pretest) selanjutnya setelah perlakuan kelompok studi diukur kembali (postest) dalam penelitian ini tidak dilakukan randomisasi dan dilakukan pada satu kelompok studi. dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui inventori self esteem, dokumentasi, dan observasi. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini ialah peserta didik yang terdapat di kelas X IPA 5 SMA Negeri 04 Rejang Lebong, yaitu berjumlah 32 orang. Data yang telah dihimpun dalam penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan deskripsi data dan uji prasyarat tes. Tahap pengolahan data berupa editing, coding, entry, cleaning, processing dalam penelitian ini meliputi tahap hasil pre-test, treatment, dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah self esteem peserta didik sebelum diberikan perlakuan cognitive behavior therapy mendapatkan nilai terendah 2 dan setelah diberikan perlakuan nilai terendah postest ialah 14, nilai tertinggi pretest 26 dan nilai tertinggi postest 30, rata-rata nilai pretest 13,93%, setelah diberikan perlakuan self esteem peserta didik meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 20,43%. Dilihat dari hasil rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, maka self esteem siswa meningkat 6,5%. Kata Kunci: Self Esteem dan Cognitive Behavior Therapy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aminah, Sitisitiaminahh121213@gmail.com
Rizal, Syamsulsyamsulrizal529@gmail.com
Nafrial, Nafrialnafrial@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:28
Last Modified: 18 Aug 2023 07:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item