Hera Adela, NIM. 19561018 and Baryanto, Baryanto and Siswanto, Siswanto (2023) Manajemen Pengembangan Kurikulum Program Peminatan Muatan Keterampilan Di Man 1 Unggul Lahat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Text
Skripsi Hera Adela MPI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Program peminatan muatan keterampilan merupakan salah satu program pendidikan kecakapan hidup yang menekankan pada pengembangan keterampilan, sehingga memudahkan bagi siswa tamatan madrasahmendapatkan pekerjaan setelah lulus. Dalam konteks ini, satuan Pendidikan dituntut untuk mempunyai kurikulum yang tepat dan manjemen yang baik untuk menghasilkan kualitas program keterampilan yang unggul dan tata kelolah yang baik tidak menyimpang dari koridor yang telah ditetapkan. Berdasarkan permasalahan diatas untuk menyelesaikan masalah peneliti menggunakan paradigma fungsi manajemen anatara lain Planning, Organizing, Actuanting, Controlling (PAOC). Yang bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengembangan kurikulum pada program peminatan muatan keterampilan di MAN 1 Lahat. Jenis Pelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada Penelitian ini menggunakan Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara), Dokumentasi. sedangkan pengujian keabsahan data, penelitian menggunakan teknik Triangulasi sumber dalam kredibilitas pengujian keabsahan data. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwah, 1 tahap perencanaan (Planning) pengembangan kurikulum diawali dengan Mendiagnosis kebutuhan, Merumuskan tujuan, Pengorganisasian materi, dan Perencanaan administrasi kegiatan pembelajaran. 2. Tahap Pengorganisasian (Organizing) pengembangan kurikulum antara lain Ruang lingkup) (Scope), Urutan (Sequence), Berkesinambungan (Continuity), Keseimbangan (Balance), Waktu (Time), SDM yang terlibat, dan Kurikulum yang dipakai. 3.Tahap Pelaksanaan (Actuanting) penyusunan program kerja, pembagian tugas guru, menyusun jadwal pembelajaran, 4.Pengendalian (Controlling) dilakukan oleh Tim Pengembangan Kurikulum,kepala sekolah,dan semua stakeholder yang terlibat untuk mengontrol segalah bentuk pelaksanaan pengembangan kurikulum secarah langsung. Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Kurikulum, Program Peminatan Keterampilan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengembangan Kurikulum, Program Peminatan Keterampilan. | ||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:49 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:49 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5220 |
Actions (login required)
View Item |