Winarti, Wiwin and Harmi, Hendra and Ningtyas, Amanah Rahma (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menanamkan Karakter Siswa Kelas IV Sdn 5 Tebing Tinggi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI WIWIN WINARTI-02.pdf Download (6MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN 5 TEBING TINGGI Oleh : Wiwin Winarti (19591253) Pengembagan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal ini berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di SDN 05 Tebing Tinggi yaitu siswa kurang memahami materi pelajaran dikarenakan buku ajar yang digunakan guru belum bersifat kontekstual dan tidak dekat dengan lingkugan tempat tinggal siswa, serta terbatanya bahan ajar sebagai acuan dalam pembelajaran di kelas. Melalui bahan ajar ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami pembembelajaran khususnya pembelajaran kearifan lokal di daerah sekitar. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pengembagan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal dalam menanamkan karakter siswa, dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal. Metode dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan model Borg and Gall. Sumber data yaitu hasil wawancara dengan guru SDN 05 Tebing Tinggi. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data produk. Hasil penelitian ini bahwa pengembangan bahan ajar tematik berbasis kerifan lokal untuk menanamkan karakter siswa di SDN 05 Tebing Tinggi sudah diterapkan dengan proses yang dilakukan seperti guru membisakan siswa untuk membaca buku terkhsusnya buku tematik berbasis kearifan lokal, dan meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya dan lingkungan sekitar mereka, sekaligus menanamkan nilai-nilai seperti religus, toleransi, gotong royong, cinta damai, dan perduli lingkungan. Berdasarkan penilaian dari para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan. Presentase penilaian dari ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan perolehan nilai 94,29%. Presentase penilaian dari ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan perolehan nilai 92,17%. Presentase penilaian dari ahli bahasa menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan perolehan nilai 83,33%. Dari perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Bahan ajar ini direkomendasikan untuk dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai inovasi baru dalam belajar yang dikemas melalui bahan ajar Kata Kunci: Bahan Ajar Tematik, Kearifan lokal, Karakter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 01:20 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 01:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5148 |
Actions (login required)
View Item |