Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika (Study Pra-Eksperimental di Kelas IV Min 03 Kepahiang)

Susanti, Nora and Asha, Lukman and Gunawan, Guntur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika (Study Pra-Eksperimental di Kelas IV Min 03 Kepahiang). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NORA SUSANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pembelajaran matematika. Model kumon adalah suatu pembelajaran dengan mengaitkan antar konsep, keterampilan, kerja individu, dan menjaga suasana nyaman menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kumon pada siswa kelas IV MIN 03 Kepahiang. 2)pengaruh hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kumon di kelas IV MIN 03 Kepahiang. Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model pre-experimental design tipe one group pretest�posttest (tes awal tes akhir kelompok tunggal), penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV dengan jumlah populasi 22 orang. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda. Teknik analisis data berupa uji normalitas, linearitas dan uji t paired sampel t test.. Signifikan telrhadap kellas posttels elkspelrimeln dan control selbelsar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha ditelrima. Selhingga dapat disimpulkan bahwa ada pelngaruh rata-rata antara hasil bellajar preltelst dan posttelst, yang artinya ada pelngaruh yang belsar dari modell pembelajran kumon telrhadap hasil bellajarsiswa di kelas IV MIN 03 Kepahiang. Delngan jumlah rata- rata kellas pretest 30,45 elkspelrimeln seldangkan posttels 68,41, Bisa disimpulkan telrdapat pelngaruh diantara keldua kellompok kellas telrselbut Selhingga dapat disimpulkan bahwa ada pelrbeldaan rata-rata antara hasil bellajar preltelst dan posttelst, yang artinya ada pelngaruh modell pembelajaran kumon terhadap hasil belajar matematika (study pra-eksperimental di kelas IV MIN 03 Kepahiang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, Noranorasusantiii057@gmail.com
Asha, Lukmanasha.lukman@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:44
Last Modified: 18 Aug 2023 01:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item