Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang terhadap Hasil Belajar

Lestari, Ageng Puji and Susilawati, Susilawati and Sahib, Abdul (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang terhadap Hasil Belajar. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI SDN 02 SELUPU ~1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ageng Puji Lestari, (12591111), “Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang Terhadap Hasil Belajar” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, STAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 02 Selupu Rejang. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan metode yang bervariasi dan kondisi proses pembelajaran yang berlangsung tidak efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi cahaya dan sifat-sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang sebelum menggunakan metode eksperimen, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi cahaya dan sifat-sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang setelah menggunakan metode eksperimen dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen pada mata pelajara ipa kelas v materi cahaya dan sifat-sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dalam bentuk pre eksperimen berupa onegroup pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji kolmogorov-smirnov untuk uji normalitas data, uji kesamaan dua varian untuk uji homogenitas dan uji-t untuk uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dan setelah menngunakan metode eskperimen terdapat perbedaan di mana rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode eskperimen adalah sebesar 45,833 dan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung < ttabel (2,90 > -6,08 < 2,11) maka Ho diterima. Dan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan metode eksperimen sebesar 73,33 dan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel ( 2,90 < 6,195 > 2,11) maka Ha diterima. Pada hasil uji-t terhadap pengaruh penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V materi cahaya dan sifat-sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang terhadap hasil belajar, diperoleh perhitungan uji-t dimana thitung > ttabel (2,11 < 15,510 > 2,90) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V materi cahaya dan sifat-sifatnya di SDN 02 Selupu Rejang terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Ageng PujiUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen; Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:45
Last Modified: 03 Nov 2022 08:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item