Efektivitas Penggunaan Computer Based Test (CBT) Berbasis Microsoft 365 Terhadap Kompetensi Guru di Min 1 Rejang Lebong

Damasari, Esi and Warlizasusi, Jumira and Palupi Putri, Dini (2023) Efektivitas Penggunaan Computer Based Test (CBT) Berbasis Microsoft 365 Terhadap Kompetensi Guru di Min 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Esi Damasari_19591072_Repository IAIN Curup.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan Paper Based Test (PBT) sebagai sarana evaluasi membuat guru mengalami kesulitan dalam mengoreksi lembar jawaban ujian dan banyak menghabiskan waktu, siswa juga harus menunggu nilai sampai guru telah selesai mengoreksi jawaban, hasil koreksian dari guru juga masih sering terjadi kesalahan. Salah satu cara guru untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru yaitu dengan memanfaatkan teknologi untuk keperluan belajar mengajar dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran, guru dapat menggunakan CBT berbasis microsoft 365 sebagai sarana dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan CBT berbasis microsoft 365 dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) di MIN 1 Rejang Lebong dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan CBT berbasis microsoft 365 terhadap kompetensi profesional guru di MIN 1 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data, diperoleh dari guru MIN 1 Rejang Lebong. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunkana triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penggunaan CBT berbasis microsoft 365 dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT) di MIN 1 Rejang Lebong sudah berjalan dengan baik, dimana guru memanfaatkan CBT ini untuk melaksanakan evaluasi dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi, mengelolah data, dan untuk pelaporan hasil evaluasi guru menggunakan Rapor Digital Madrasah (RDM), dan tahapan terakhir yaitu penggunaan evaluasi untuk memberikan feedback kepada semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran. 2) Penggunaan CBT berbasis microsoft 365 terhadap kompetensi profesional guru di MIN 1 Rejang Lebong sudah efektif, dilihat dari hasil wawancara guru yang mengatakan bahwa CBT berbasis microsoft 365 dapat membantu perkerjaan guru. Penggunaan CBT berbasis microsoft 365 ini dapat membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya, dimana CBT ini dapat membantu guru dalam memahami siswa menggunakan tes, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran dan bisa melihat potensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Damasari, Esiesidarmasari1212@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:40
Last Modified: 18 Aug 2023 02:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item