Jannah, Miftahul and Rizal, Syamsul and Febriansyah, Febriansyah (2023) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Siswa Yang Malas Belajar di Smpn 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
FULL SKRIPSI ITA NEWWWWW(1).pdf Download (7MB) |
Abstract
Guru bimbingan dan konseling memiliki tanggung jawab dalam pendidikan. Salah satunya dalam mengatasi permasalahan siswa yang malas belajar, kasus ini memang sudah biasa ditemukan di sekolah. Oleh karena itu sebagai guru bimbingan dan konseling disekolah hal ini sudah tentu menjadi tanggung jawab terutama dalam kegiatan bimbingan dan konseling disekolah. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus adalah bagaimana upaya dari guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan siswa yang malas belajar. Banyak sekali permasalahan-permasalahn yang dapat ditimbulkan akibat dari malas belajar, maka disinilah peran tenaga yang dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi permasalahan siswa dan terwujudnya ketentraman dilingkungan sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskrifsi yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban dan pemahaman terhadap pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian, terutama bagi peneliti dalam memahami konteks bimbingan dan konseling disekolah. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan siswa yang malas belajar adalah dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling. Walaupun dengan keterbatasan waktu atau jadwal khusus yang tidak diberikan bukan menjadi penghambat untuk pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling disekolah. Layanan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa, seperti memberikan layanan informasi, konseling individual, bimbingan kelompok dan kegiatan lainnya. Dari hasil pelayanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling memberikan perubahan siswa terutama bagi siswa yang malas belajar. Setelah diberikan layanan siswa mampu mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 33 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 05:02 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 05:02 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5025 |
Actions (login required)
View Item |