Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Memanamkan Akhlak Terhadap Siswa Di Man 02 Kepahiang

Mustika Pera, Pera and Mahfuz, Mahfuz and Sagiman, Sagiman (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Memanamkan Akhlak Terhadap Siswa Di Man 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PERA MUSTIKA.19531123.PGMI (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Akhlak berasal dari kata Khuluqun yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat yang melekat pada jiwa manusia yang melahirkan perbuatan baik dan buruk yang berlandaskan al-qur’an dan hadist. di sekolah guru Akidah Akhlak bukan hanya dituntut dalam mengajar tetapi harus mampu membina akhlak peserta didiknya. karena ini dilaksanakan dengan Langkahlangkah seperti guru berperan memilih model atau metode pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang kodusif, guru memahami karakter peserta didik, dan guru harus menjadi model dan teladan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akhlak siswa, peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan akhlak siswa, dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan akhlak siswa di MAN 02 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, prosedur pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. pengecekan keabsahan data menggunakan Teknik tringgulasi data yaitu tringgulasi Teknik dan sumber. analisis data yang dilakukan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Akhlak yang ada di MAN 02 Kepahiang belum bisa dikataakan baik, hal ini dapat dilihat dari masih ada anak-anak yang belum menaati peraturan sekolah, belum saling menghargai dan menghormati sesama serta pengetahuan di bidang agama masih kurang. kedua peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan akhlak sudah hampir 65% berjalan dengan baik seperti guru memilih model dan metode pembelajaran, guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, guru memfasilitasi peserta didik dengan sikap dan prilaku yang berkarakter, guru memahami karakter peserta didik, serta guru menjadi model dan teladan. ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi guru Akidah Akhlak dalam membina moral siswa di MAN 02 Kepahiang yaitu terdapat dua faktor, faktor pendukung dan penghambat seperti: faktor kepribadian, faktor lingkungan masyarakat, faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan keluarga, faktor pergaulan dan faktor guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mustika Pera, Peramustikavera22@gmail.com
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincuruo.ac.id
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:51
Last Modified: 16 Aug 2023 03:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item