Marlena, Dewa (2019) Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Man 2 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kepahiang. Selama 3 bulan yaitu dari 04 September sampai dengan 04 Desember 2018. Latar belakang penelitian ini beranjak dari hasil fenomena yang ada hampir setiap sekolah melaksanakan kegiatan Bimbingan belajar yaang memang secara terstruktur program bimbingan dan konseling sudah terbilang bagus dan juga hal ini didukung dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang banyak membahas mengenai Bimbingan belajar. Berdasarkan observasi awal di MAN 2 Kepahiang kegiatan Bimbingan belajar sudah dilakukan oleh guru BK semaksimal mungkin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang menuntut guru BK untuk melaksanakan bimbingan belajar, yaitu program bimbingan belajar, Pelaksanaan Bimbingan belajar dan Evaluasi Bimbingan Belajar yang ada di MAN 2 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif (kualitatif) dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data atau kredibilitas data menggunakan triangulasi. Subyek pada penelitian ini adalah 2 orang guru BK yang melaksanakan Bimbingan belajar, 5 orang siswa, serta kepala Sekolah. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data menunjukkan bahwa dari beberapa permasalahan siswa tidak semuanya sudah di berikan Bimbingan belajar, permasalahan yang dilakukan Bimbingan belajar adalah permasalahan siswa yang sangat erat hubungan dan sangkut pautnnya dengan masalah belajar seperti tidak serius mengikuti pelajaran,siswa sering tidak mengerjakan PR, serta kesulitan dalam belajar. Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Belajar yang dilaksanakan oleh guru BK di MAN 2 Kepahiang sudah sesuai dengan konsep bimbingan konseling mengenai pelaksanaan Bimbingan belajar Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisi hasil evaluasi, tindak lanjut sampai dengan laporan. Pelaksanaan Bimbingan belajar sesuai dengan prosedur maka guru BK akan dapat melengkapi data dan menggali berbagai informasi menyangkut siswa. Hal ini akan memberikan kemudahan guru BK dalam menangani masalah siswa di sekolah. Secara otomatis Pelaksanaan Bimbingan belajar ini sudah efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Belajar; Kdisiplinan Belajar | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2019 13:43 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2019 13:43 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/499 |
Actions (login required)
View Item |