Upaya Guru Bimbimbingan dan Konseling dalam Menanggulangi Kecanduan Games Online di Kalangan SMP Kreatif Aisyiyah

sari, fatihatun indah and Sutarto, Sutarto and Rizal, Syamsul (2023) Upaya Guru Bimbimbingan dan Konseling dalam Menanggulangi Kecanduan Games Online di Kalangan SMP Kreatif Aisyiyah. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI SARI BAB 1,2,3,4.5 (1) - Copy (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecanduan bermain games online itu sendiri tidak lagi mementingkan hubungan sosial mereka dengan orang lain lebih mementingkan kepentingan sendiri dalam bermain games dari pada bersosial dengan masyarakat lain. Pecandu games online hanya terfokus pada games online saja. Sama halnya dengan masalah kesehatan diri sendiri, mereka juga kurang tidur dan memperhatikan masalah kesehatan mereka seperti waktu tidur yang kurang, tidak menjaga kebersihan badan dan pola makan yang tidak teratur. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui (1) Faktor-Faktor Penyebab Dari Games Online. (2)Untuk Mengetahui Dampak Kecanduan Games Online Pada Siswa. (3)Untuk Mengetahui Upaya Guru BK Dalam Menaggulangi Kecanduan Games Online. Jenis penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu guru BK SMP Kreatif Aisyiyah dan siswa SMP Kreatif Aisyiyah. Teknik yang di gunakan adalah pengumpulan data pada penelitian ini dan dengan menggunakan sumber data primer dan skunder instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi, keabsahan data, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian dapat kita temui faktor penyebab games online adalah lingkungan sekitar, defresi, kurang control dan kurang kegiatan dan dampak kecanduan games online ada dua dampak yang pertama dampak negatif dan yang kedua dampak positif dampak negatif kecanduan games, malas belajar. Kurang tidur dan dampak positif menambah teman, meningkatkan kemampuasn berbahasa asing, mengurang rasa stress. Dan upaya guru BK dalam penelitian ini sudah melakukan konseling individu selam tiga kali pertemuan dan sudah memberikan layanan informasi kepada siswa yang kecanduan games. Kata kunci: Bimbingan Dan Konseling Games Online

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
sari, fatihatun indahsaricrp6&gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Rizal, Syamsulsyamsulrizal529@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:37
Last Modified: 16 Aug 2023 04:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item View Item