Silviana Lianvani, Ferti and Purnama Sari, Dewi and Karolina, Asri (2023) Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) di Smk It Al Husna Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
TESIS FERTI SILVIANA LIANVANI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ferti Silviana Lianvani,21871007, Analisis Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Tecknologi Pedagogical Content Knowlage (TPACK) di SMK IT AL Husna Lebong, Tesis, Curup; Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam , 2023. Integrasi TPACK dalam Pembelajaran PAI Integrasi merupakan pemaduan antara dua atau lebih konsep atau komponen yang dihubungkan untuk menemukan ikatan dan keterkaitan dalam menerapkan sebuah konsep. Karena dari pengintegrasian TK, PK dan CK ke dalam pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran PAI, akan membuat kegiatan belajar mengajar berjalan efektif dan efisien. Untuk mewujudkan hal tersebut guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan proses Pembelajaran dengan menggunakan media TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Penggunaan Media pembelajaran berbasis TPACK dalam mata pelajaran Pendidikan Agama islam di SMK IT Al Husna Lebong. Penelitian ini merupakan pemelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu : 1) Reduksi data (data reduction), 2) Penyajian data (data display), dan 3) Penarikan kesimpulan dan Verifikasi (conclusion drawing and verification). Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu : Triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik. Subyek yang diamati yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan peserta didik SMK IT Al Husna Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agala Islam yang menggunakan media berbasis TPACK adalah jenis media yang digunakan media Audio Visual dan media cetak. dimana dalam penggunaan media audio visual ini materi disajikan dalam bentuk film dibatu dengan menggunakan infocus kemudai ada juga media visual saja dimana media visual ini materi yang disajaikan berbentuk power point karena peserta didik hanya melihat saja materi yang akan dijelaskan tanpa mendengar suara. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran ini merupakan bagian dari Technologi Knowledge (TK) dimana Tekhnologi Knowledgw ini menunjukkna kemampuan pendidik dalam menyajikan materi Pendidikan Agama islam dengan pengetahuan teknologi yang dimilikinya guru. Kemudian Pedagogik Knowledgw (PK) dimana disini pedidik mengajak peserta didik untuk mengevaluasi dan memahami materi yang telah disajikan dan menggunakan Content Knowledgw(CK) dalam content knowledge ini terkait dengan pemahaman pendidik secara matang dalam menguasai materi yang akan disajikan dan diajarkan kepada peserta didik, jadi dengan Content Knowledge ini pendidik mengaitakan dengan aspek kognitif karena dalam aspek kognitif sangat membantu peserta didik di SMK IT Al Husna Lebong dalam memahami materi Pendidikan Agama islam yang diberikan pada saat ini. Kata kunci: Media pembelajaran, TPACK
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:19 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:19 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4951 |
Actions (login required)
View Item |