Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Terhadap Siswa Asuh Dalam Memberikan Layanan Di Sman 2 Rejang Lebong

Rifa'i, Imam and Sumarto, Sumarto and Febriansyah, Febriansyah (2023) Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Terhadap Siswa Asuh Dalam Memberikan Layanan Di Sman 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
__===-SKRIPSI PEMAHAMAN GURU PEMBIMBING TENTANG KEPRIBADIAN SISWA DI SMAN 2 REJANG LEBONG-5.pdf

Download (29MB)

Abstract

PEMAHAMAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP SISWA ASUH DALAM MEMBERIKAN LAYANAN DI SMA NEGERI 2 REJANG LEBONG ABSTRAK Pemahaman guru bimbingan konseling tentang kepribadian siswa, guru BK merupakan unsur utama dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah yang bertanggung jawab dalam membentuk pribadi siswanya. Guru pembimbing membentuk kepribadian siswa melalui proses bimbingan dan konseling dan memanfaatkan kesempatan-kesempatan diluar jam konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pemahaman guru bimbingan konseling terhadap siswa asuh di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. 2) pendekatan guru bimbingan konseling memberikan layanan sesuai dengan karakteristik siswa siswa di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Penelitian kualiatitaif adalah metode penelitian yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru pembimbing tentang kepribadian siswa di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Hasil penelitian berdasarkan observasi dan wawancara serta dokumentasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru bimbingan konseling terhadap siswa asuh. Dapat dilihat dari guru BK menyebarkan angket terlebih dahulu yang berisi bio data siswa dan dikelola sehingga tau latar belakang siswa asuh, baik dari latar belakang ekonomi, sosial, belajar, karir lalu dikelompokan dengan siswa yang mempunyai latar belakang yang sama, dan sebagian guru BK memahami siswa asuhnya dari tipe yang siswa miliki di SMAN 2 Rejang Lebong 2) Pendekatan guru bimbingan konseling memberikan layanan sesuai dengan karakteristik siswa di SMAN 2 Rejang Lebong Siswa di SMA Negeri 2 Rejang Lebong ini memiliki karakteristik yang berbeda dan unik seperti introvert dan ekstrovert, tentunya guru BK disini punya tantangan tersendiri dalam memberikan berbagai layanan BK kepada siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan unik tersebut,. dalam langkah awal untuk berkomunikasi dengan anak yang introvert yaitu dengan waktu yang tenang dan santai, dan jadilah pendengar yang baik dan hargai privasi mereka, dan ketika memahami anak yang ekstrovert yaitu dengan menghargai setiap saat ketika berkomunikasi, dan menunjukan rasa antusias kepada anak, dan jangan memotong pembicaraannya. Kata kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kepribadian Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rifa'i, Imami68502529@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:55
Last Modified: 16 Aug 2023 01:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item View Item