Gustami, Gustami and Taqiyuddin, Muhammad and Oktori, Agus Riyan (2023) Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Musi Rawas Pada Tema 8 Di Sdn 1 Air Satan Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.
Text
gabunganskripsigustami.pdf Download (5MB) |
Abstract
Media pembelajaran berbasis kearifan lokal menjadi salah satu faktor penunjang berhasilnya suatu pembelajaran. Oleh karena itu pengembangan media pop up book berbasis kearifan lokal Kabupaten Musi Rawas pada tema 8 dikembangkan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN 1 Air Satan, mengetahui cara mengembangkan media pop up book berbasis kearifan lokal pada tema 8, mengetahui kelayakan media pop up book berbasis kearifan lokal Pada Tema 8 dan mengetahui respon siswa dan guru terhadap Media pop up book berbasis kearifan lokal Pada Tema 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian (R&D) tipe deskriptif yang mengadopsi model pengembangan Borg and Gall dan sudah dimodifikasi oleh Sugiyono dengan menerapkan 7 dari 10 tahapan yang ada yaitu: 1) Potensi Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Desain; 6) Uji Coba Produk; dan 7) Revisi Produk. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian untuk Instrumen penelitian dan pengembangan menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes belajar siswa dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan rumus skala likert untuk menghitung data secara kuantitatif. Penelitian ini menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara konvensional, pengembangan media pop up book dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa, kelayakan media pop up book berdasarkan penilaian para ahli mendapatkan skor nilai 76,36% dari ahli kurikulum, 80% dari ahli materi dan 74% dari ahli media. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pop up book berbasis kearifan lokal bisa diimplementasikan ke siswa kelas 4 sekolah dasar. Untuk itu, saat menerapkan media pop up book mendapatkan perolehan skor nilai pre test 60, 83 % dan nilai skor post test 80 %. Selisih peningkatan pemahaman siswa mencapai 19, 17 % dengan kategori efektif. Terakhir respon guru menunjukkan skor 88,33 % sedangkan skor rata-rata respon siswa adalah 88,66%. Dari skor ini bisa dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran Pop Up Book berbasis kearifan lokal berhasil dlakukan. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop Up Book
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 06:13 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 06:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4896 |
Actions (login required)
View Item |