Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Kelas IV A Di SDN 04 Ujan Mas

Susanti, Ria Evi (2018) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Kelas IV A Di SDN 04 Ujan Mas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah penguasaan materi terhadap mata pelajaran matematika masih sulit dipahami oleh siswa. Rendahnya antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika dan kurangnya perhatian siswa juga menjadi faktor penyebab rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin mengetahui tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) di SD N 04 Ujan Mas. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa di SD N 04 Ujan Mas sebelum diterapkannya proses pembelajaran menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP); 2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada mata pelajaran matematika; 3) untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap-tahap penelitian tindakan kelas berupa siklus yang meliputi kegiatan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data melalui data tes dan data observasi. Hasil penelitian aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I, dari 23 orang siswa yang mengikuti tes hanya terdapat 13 orang siswa yanng tuntas. Adapun peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan setelah diterapkannya model Missouri Mathematics Project (MMP). Disimpulkan bahwa model Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV pada materi kubus dan balok melalui 3 tahap siklus, pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,34 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,52%, siklus II dengan nilai rata-rata 70,43 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,26%, dan siklus III dengan nilai rata-rata 83,91 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,65%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, Ria EviUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRatnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
ReviewerMutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project, Aktivitas dan Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:43
Last Modified: 29 Oct 2019 13:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item