Mulyati, Sri and Warsah, Idi and Sari, Dewi Purnama (2023) Kesuksesan Belajar : Kajian Fenomenologis Terhadap Pengalaman Konselor Sekolah, Orang Tua Dan Siswa Dalam Mewujudkannya Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN CURUP.
Text
tesis sri.pdf Download (4MB) |
Abstract
SMA Negeri 1 Rejang Lebong merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat tepat untuk dijadikan rujukan dalam menemukan indikasi dari tema yang akan diteliti. Kinerja konselor sekolah, tanggungjawab orangtua dan motivasi siswa yang mumpuni dalam mewujudkan kesuksesan belajar dapat dijadikan tempat pengumpulan data spesifik yang dibutuhkan dalam penelitian. Sebagai penelitian yang spesifik, fokus utama dari penelitian ini adalah menggali pengalaman konselor sekolah, orang tua, dan siswa dalam mencapai kesuksesan belajar siswa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan fenomenologis dari metode kualitatif. Informan penelitian terdiri dari konselor sekolah, orang tua, dan siswa SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Data yang dikumpulkan berfokus pada pengalaman mewujudkan kesuksesan belajar siswa dan sumber datanya adalah subjek penelitian itu sendiri. Pengamatan, wawancara dan dokumentasi adalah metode dalam menghimpun data penelitian ini. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Triangulasi sumber dan metode digunakan untuk mendapatkan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengalaman konselor di SMA N 1 Rejang Lebong berhasil mewujudkan kesuksesan belajar siswa dari peringkat 20 besar menuju peringkat 5 besar hanya dengan rutin melakukan pendekatan personal (personal rapport) kepada siswa yaitu setiap pagi menyambut kedatangan siswa di gerbang, menyalami dan menanyakan kabar siswa, memberikan kata kata motivasi, dan menitipkan siswa yang bersangkutan kepada guru yang ada dikelas untuk dibantu dengan perhatian khusus, terakhir jika dibutuhkan layanan konseling lanjutan akan diberikan sesuai kebutuhan siswa. 2) Pengalaman orang tua di SMA N 1 Rejang Lebong selama mendampingi anak mewujudkan kesuksesan belajar adalah orangtua berusaha menjadi model bagi anaknya dengan rajin bangun pagi, menyempatkan waktu untuk mengajari anak nya berani bicara didepan orang lain, menyempatkan waktu dirumah untuk ngobrol tentang kegiatan belajar, memastikan anak sarapan dan makan teratur, mengenali semua teman anaknya dan berusaha mencari informasi tentang anaknya diluar rumah baik kepada teman ataupun guru termasuk konselor sekolah, menanyakan tugas dan meminta anaknya untuk segera menyelesaikan, sama sama berkomitmen tentang penggunaan gadget dirumah, disamping itu orangtua juga selalu menguatkan anaknya dengan doa dan berusaha mencukupi semua kebutuhan belajar dan materi lainnya 3) Pengalaman siswa dalam mewujudkan kesuksesan belajarnya adalah memberanikan diri untuk menyampaikan semua keluhan kepada guru, mau mengikuti semua saran nasehat dan keputusan yang disepakati bersama dengan guru dan orangtua, siswa menuliskan target yang ingin dicapainya, siswa mau untuk selalu mencoba peluang yang diberikan oleh sekolah dan orangtua, siswa merubah pola pergaulannya dengan tidak banyak bermain, dan siswa menuliskan cita cita yang akan dicapainya setelah tamat dari sekolah ini.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 01:11 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 01:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4858 |
Actions (login required)
View Item |