Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 66 Rejang Lebong

Faluvi, Sinta Novia and Arbaini, Wiwin and Putri, Dini Palupi (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 66 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Sinta Novia Faluvi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi sebelum menggunakan media pembelajaran Roda Putar hasil belajar siswa tergolong kurang baik. Khususnya pada pelajaran matematika menunjukkan 70% nilai siswa dari hasil nilai ulangan hariannya masih rendah di bawah KKM yang seharusnya dan hanya sedikit siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran menggunakan media Roda Putar pada mata pelajaran Matematika di SDN 66 Rejang Lebong, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran Matematika setelah menggunakan media pembelajaran Roda Putar di SDN 66 Rejang Lebong, dan membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran Roda Putar dalam pembelajaran Matematika memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar di kelas IV SDN 66 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 66 Rejang Lebong yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Uji t dua sampel berpasangan.. Kesimpulan penelitian adalah. 1) Penggunaan media pembelajaran Roda Putar dikategorikan baik, karena yang mendapat nilai pada kategori baik paling banyak diantara kategori lainnya yaitu sebanyak 11 orang dengan nilai 82 sampai 85. 2) Dilihat dari perhitungan nilai hasil belajar, terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika hasilnya dikategorikan baik juga karena yang mempunyai hasil tes dengan kategori baik paling banyak yaitu sebanyak 10 orang dengan nilai 78 sampai 85. 3) Sedangkan penggunaan media pembelajaran Roda putar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dibuktikan dengan uji t sebesar 5,080. Dengan nilai rxy 0,72 artinya terdapat hubungan yang kuat atau tinggi dan memberikan pengaruh sebesar 51,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Faluvi, Sinta Noviasintanoviafaluvi123@gmail.com
Arbaini, Wiwinwiwin721004@gmail.com
Putri, Dini Palupidinigusnadi@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:10
Last Modified: 15 Aug 2023 03:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item View Item