Santi, Dema and Baryanto, Baryanto and Wanto, Deri (2023) Kesulitan Siswa Kelas V A Pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Imstitut Agama Islam Negeri Curup.
Text
skripsi dema santi 19591034 PGMI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siswa kelas V A mengalami kesulitan belajar ketika belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan matematika yang dialami siswa kelas V A, mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa kelas V A dalam Pembelajaran Matematika dan untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kesulitan siswa kelas V A dalam pembelajaran matematika. Pada penelitian ini terdapat tiga siswa kelas V A yang mengalami kesulitan belajar matematika, guru kelas V A, dan kepala sekolah SD Negeri 01 Kepahiang yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa bentuk kesulitan siswa kelas V A memahami konsep matematika, kesulitan keterampilan berhitung, dan pemecahan masalah cerita. Ada dua faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa yang bergelut dengan matematika, yaitu kurangnya minat belajar matematika, kurangnya motivasi belajar, dan kurangnya fokus pada penjelasan guru. Sedangkan masalah eksternal meliputi kurangnya keterlibatan orang tua, lingkungan belajar yang kurang kondusif di rumah, kurangnya variasi dalam metode pembelajaran matematika, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran matematika. Saran untuk mengatasi kesulitan siswa pada pembelajaran matematika yaitu dengan melakukan diagnosis awal agar setiap kesulitan yang dialami siswa dapat diatasi dengan tindakan yang tepat, dan guru mengembangkan program sekolah tambahan khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan matematika diatasi melalui program tersebut. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang berasal dari luar diri siswa dapat dengan memenuhi kebutuhan alat peraga yang ada disekolah agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 05:06 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 05:06 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4838 |
Actions (login required)
View Item |