Belina, Linda and Ifnaldi, Ifnaldi and Misriani, Agita (2023) Pemberdayaan Mading Dalam Keterampilan Menulis Pantun Untuk Mewujudkan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Sdn 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PEMBERDAYAAN MADING DALAM KETERAMPILAN MENULIS PANTUN UUNTUK MEWUJUDKAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SDN 18 REJANG LEBONG. LINDA BELINA 19591131.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan mading di sekolah terkadang dianggap kurang penting dan juga tidak begitu terurus. Mading mempunyai banyak fungsi bagi para siswa/siswi. Mading memiliki peranan penting yakni sebagai tempat informasi, wadah untuk mengekspresikan bakat dan minat anak dalam menulis, berguna sebagai media penggerak literasi, sebagai tempat menuangkan ide, gagasan, kekreatifitasan anak, dan media pelestarian kearifan lokal. Tujuan penelitian ini pemberdayaan mading untuk mewujudkan literasi berbasis kearifan lokal di SDN 18 Rejang Lebong dan keterampilan menulis pantun untuk mewujudkan literasi berbasis kearifan lokal di SDN 18 Rejang Lebong. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa-siswi kelas V di SD Negeri 18 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) hasil dari pemberdayaan mading sudah berlangsung dengan baik. Terlihat kegiatan pemberdayaan mading ini dilakukan siswa membuat karya secara bergiliran seminggu sekali dilakukan oleh kelas tinggi V dan VI. Karya siswa contohnya pantun yang ditulis dengan Aksara Kaganga. Karya yang telah diseleksi akan ditempelkan di mading sekolah dan proses literasi berbasis kearifan lokal berjalan. 2) bentuk keterampilan menulis pantun dalam mewujudkan literasi berbasis kearifan lokal ini sangat baik. Terlihat siswa sangat antusias dalam keterampilan menulis yang didukung oleh sekolah, siswa bisa mengasah keterampilan dengan membuat karya pantun kemudian diapresiasikan karya tersebut dengan menempelnya di mading sekolah. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat di simpulkan kegiatan pemberdayaan mading dalam keterampilan menulis pantun ini sangat banyak sekali manfaatnya dan proses literasi berbasis kearifan lokal tetap berjalan dan lestari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4833 |
Actions (login required)
View Item |