Implementasi Keterampilan Pembelajaran 4c Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sdit Rabbi Radhiyya 01 Curup

Lutfifianindi,lulu, Lulu and Harmi, Hendra and Ningtyas, amanah rahma (2023) Implementasi Keterampilan Pembelajaran 4c Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sdit Rabbi Radhiyya 01 Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri curup.

[img] Text
skripsi lulu lutfifianindi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakmampuan anak dalam mengungkapkan perasaan, keinginan, serta mengaktualisasikan apa yang ada dalam diri mereka menjadi masalah yang besar. Sehingga anak-anak memerlukan sebuah kemampuan dan keterampilan untuk mengungkapkan masalah yang mereka hadapi kepada orang lain dan dapat menyelesaikan masalahnya dengan kemampuannya sendiri. Sistem pendidikan di era sekarang diharapkan dapat mewujudkan peserta didik memiliki keterampilan yang mampu berfikir kritis dan memecahkan masalah, kreatif dan inovatif serta keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dalam menerapkan keterampilan pembelajaran 4C, kendala dalam penerapan serta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawacara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian menggunakan sumber data primer diperoleh langsung dengan wawancara kepala sekolah, wali kelas IV, dan perwakilan siswa kelas IV di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup, sedangkan sumber data sekunder dari dokumendokumen kearsipan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan pembelajaran 4C pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup sudah terlaksana dengan baik. Keterampilan critical thinking (berpikir kritis) terlihat ketika peserta didik melakukan pengamatan dan dapat menjawab permasalahan yg dihadapinya. Keterampilan communication (komunikasi) terlihat ketika peserta didik menyampaikan pendapat dengan baik. Keterampilan collaboration (kolaborasi terlihat ketika peserta didik dapat bekerja sama dan membantu sesama kelompoknya. Keterampilan creatifity (kreativitas) terlihat ketika peserta didik dapat berkreasi dan berinovasi dalam membuat produk. Meskipun ada beberapa kendala pada saat pembelajaran berlangsung, dan kendala tersebut kebanyakan berasal dari peserta didik, namun terdapat pula solusi yang bisa menyelesaikan kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lutfifianindi,lulu, Lululululutfifianindi2018@gmail.com
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Ningtyas, amanah rahmaamanahrahma@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:17
Last Modified: 14 Aug 2023 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item