Ningsih, Windi Setia and Mustar, Saidil and Wanto, Deri (2023) Implementasi Pengelolaan Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong. Masters thesis, Istitut Agama Islam Negeri Curup.
Text
TESIS WINDI SETIA NINGSIH.pdf Download (50MB) |
Abstract
Nama Windi Setia Ningsih, NIM. 21861019, Implementasi Pengelolaan Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong, tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2021. Kurikulum memiliki peranan penting dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum dalam pendidikan, maka dalam penyusunannya harus mengacu pada landasan yang kokoh dan kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengelolaan Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian Phenomenological research. Teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pengelolaan kurikulum merdeka belajar di MIN 1 Rejang Lebong sudah dilaksanakan dengan baik. Pertama, Kebijakan kurikulum merdeka belajar di MIN 1 Rejang Lebong dilaksanakan sesuai dengan UU No 20/2003: Pasal 1 ayat 19 dan kebijakan Kemendikbud RI tertuang dalam paparan Mendikbud RI di hadapan para kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota Se-Indonesia. Kedua, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong dilakukan dengan menyusun perangkat ajar, menyiapkan persiapan pembelajaran, melakukan implementasi secara langsung, mengevaluasi materi/hasil belajar. Ketiga, Pengelolaan kurikulum merdeka belajar di MIN 1 Rejang Lebong dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu melakukan pembinaan kepada guru tentang pemahaman pengelolaan kurikulum merdeka belajar (planning), merencanakan kebutuhan guru seperti pembagian tugas pokok pengajaran, menyusun program dan merencanakan monitoring juga evaluasi (Organizing), memilih penempatan guru sesuai kemampuan yang dimiliki (Staffing), melaksanakan kegiatan pembinaan seperti perencanaan pembentukan kelompok kerja, pelatihan kebutuhan terkait kurikulum merdeka (Directing), melakukan kerjasama dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan, baik di sekolah maupun dengan instansi lain (Coordinating), memberikan laporan perkembangan implementasi pembelajaran dan hal yang diperlukan dalam kurikulum merdeka belajar (Reporting), menyiapkan anggaran yang dibutuhkan dalam melaksasnakan pembelajaran kurikulum merdeka belajar (Budgeting). Keempat, Hambatan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar di MIN 1 Rejang Lebong adalah kurangnya sarana prasarana, tidak memiliki pengalaman, akses yang terbatas, perbedaan kemampuan belajar peserta didik yang beragam.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 05:12 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 05:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4764 |
Actions (login required)
View Item |