Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Mts Muhammadiyah Curup

Khairullah, Renando and Azwar, Beni and Sutarto, Sutarto (2023) Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Mts Muhammadiyah Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi Nando, S.Pd-SKBPP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang oleh adanya fenomena yang terjadi di MTs Muhammadiyyah Curup bahwa adanya beberapa siswa yang melanggar tata tertib sekolah seperti, berbicara tidak sopan, mengobrol ketika jam pelajaran berlangsung, tidak mengerjakan tugas sekolah, memakai pakaian sekolah yang tidak sesuai dengan peraturan sekolah, dan bolos sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mengdeskrpsikan strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani pelanggaran tata tertib sekolah yang dilkukan oleh siswa di MTS Muhammadiyyah Curup. Penelitian ni merupakan penelitian deskriptif kualitatif,studi kasus informan dalam penelitain ini berjumlah 7 orang yaitu waka kesiswaan, guru BK,wali kelas dan 4 orang siswa. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara dan analisis dengan menggunakanreduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta data yang dikumpukan di cek ke absahannya dengan menggunakan tri anggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan bentuk pelanggaran tata tertib yang terjadi di MTs Muhammadiyah curup diantaranya ialah anak yang malas mengerjakan pr, anak yang sering mengerjakan pr di sekolah, anak yang tidak sesuai seragam apa yang di perintahkan oleh sekolah, anakyang masih berambut panjang tidak sesuai dengan peraturan sekolah,anak yang ribut di kelas, dan dapat di ketahui bahwa hal ini dapat terjadi di karenakan oleh faktor dari keluarga, faktor lingkungan pergaualan bebas,menggunakan handphone dan faktor lingkungan,dengan demikian strategi guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani pelanggaran tata tertib sekolah MTs Muhammadiyah dengan menggunakan konseling individu, bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal melalui layanan informasi. Ada pun dampak keberhasilan dari layanan yang di berikan bisa mengubah pola fikir anak menjadi lebih terbuka, rasa sosial yang tinggi dan lebih disiplin dalam mencegah tidak terjadinya pelanggaran tata tertib lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khairullah, Renandorenando2001@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun5
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:32
Last Modified: 14 Aug 2023 03:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item