Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Bimbingan Konseling dengan Kinerja Guru Pembimbing SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong

Kurniati, Desty and Hartini, Hartini and Ristianti, Dina Hajja (2023) Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Bimbingan Konseling dengan Kinerja Guru Pembimbing SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Bimbingan Konseling dengan Kinerja Guru Pembimbing SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong,.pdf

Download (2MB)

Abstract

Agar tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah dapat dilaksanakan dengan lancar, maka setiap kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni serta melakukan supervisi kepada guru pembimbing. Dilapangan, manajerial kepala sekolah dan supervisi bimbingan konseling telah berjalan dan dilaksanakan oleh kepala sekolah namun kinerja guru pembimbing masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan menajarial kepala sekolah dan supervisi bimbingan konseling dengan kinerja guru pembimbing SMP Negeri seKabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah Korelacional Research. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 50 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket tentang kemampuan manajerial kepala sekolah, supervisi bimbingan konseling dan kinerja guru pembimbing. Sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil Penelitian ini diperoleh ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru pembimbing (r = 0,678, p = 0,000 < 0,050), antara supervisi bimbingan konseling dengan kinerja guru pembimbing (r = 0,701, p = 0,000 < 0,050) dan ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan supervisi bimbingan konseling secara bersama – sama dengan kinerja guru pembimbing (R = 0,711, p=0,000 < 0,050). Berdasarkan hasil ini diharapkan kepada Guru pembimbing untuk dapat meningkatkan kinerjanya secara optimal, dan bagi Kepala SMP Negeri di Kabupaten Rejang Lebong dapat lebih meningkatkan kemampuan manajerialnya dan meningkatkan pelaksanaan supervisi bimbingan konseling kepada guru pembimbing secara optimal. Karena Semakin baik manajerial dan supervisi bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh kepala sekolah maka semakin baik juga kinerja yang ditunjukkan oleh guru pembimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Kurniati, DestyUNSPECIFIED
Hartini, Hartinihartini@iaincurup.ac.id
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial, Supervisi BK, Kinerja Guru Pembimbing
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun5
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:06
Last Modified: 10 Aug 2023 08:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item