Herlina, Dwita (2019) Pola Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Kelas VII Di Smpit Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
POLA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VII DI SMPIT KHOIRU UMMAH REJANG~1.docx Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman guru dalam memilih pola komunikasi yang tepat dalam membina karakter religius siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Siswa kelas VII merupakan remaja awal yang sangat membutuhkan keyakinan terhadap agama melalui proses pembelajaran dari seseorang untuk dirinya. Guru memiliki peran yang penting dalam membimbing siswa menjadi pribadi yang taat terhadap ajaran agama Islam disekolah, pemahaman tersebut diperoleh siswa melalui komunikasi, sebab komunikasi menjadi jembatan antara guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru pendidikan agama Islam, apa saja yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam membina karakter religius siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah, dan 10 peserta didik kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong adalah pola komunikasi satu arah, dan pola komunikasi banyak arah sudah dilakukan dengan sangat baik dengan menyesuaikan pada jenis kegiatan keagamaan apa yang akan dilaksanakan. adapun yang menjadi faktor pendorong dalam membina karakter religius siswa kelas VII yaitu kompetensi yang dimiliki guru pendidikan agama Islam, terjalinnya kerja sama antar guru, program-program keagamaan yang ada di sekolah, manajemen waktu yang baik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam membina karakter religius siswa kelas VII adalah sarana prasarana yang belum mencukupi kebutuhan siswa diantaranya belum adanya masjid atau musholah, dan perpustakaan yang belum lengkap sebagai sumber pengetahuan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola komunikasi; dan karakter religius siswa | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2019 07:53 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2019 07:53 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/459 |
Actions (login required)
View Item |