Agustina, Tiara Putri and Hartini, Hartini and Fadilla, Fadilla (2023) Analisis Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Kurikulum Merdeka di MAN Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
skripsi lengkap tiara.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan pemahaman guru bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka di MAN Rejang Lebong dan implementasi pelayanan BK dalam kurikulum merdeka di MAN Rejang Lebong. Pendidikan di Indonesia mengalami beberapa kali perubahan sistem kuri¬kulum dengan tujuan penyempurnaan. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam penyempurnaan yaitu mengubah dan memberi inovasi kuri¬kulum. Di antaranya kurikulum KTSP/2006 menjadi Kurikulum 2013 hingga menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Fenomena yang terjadi di lapangan khususnya yang terjadi di MAN Rejang Lebong, menunjukan bahwa ada beberapa guru BK belum memahami tentang kurikulum merdeka dan implementasi pelayanan BK dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling, waka kurikulum, wali kelas dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan serta data yang terkumpul di cek keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh informasi tentang a) Pemahaman guru bimbingan dan koseling dalam kurikulum merdeka di MAN Rejang Lebong ada sebagian guru BK belum memahami tentang kurikulum merdeka dan menganggap kurikulum merdeka sama seperti kurikulum sebelumnha dikarenakan belum adanya pelatian tentang kurikulum merdeka dalam bimbingan dan konseling dan ada juga sebagain dari guru BK memahami tentang kurikulum merdeka b) Implementasi pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka di MAN Rejang Lebong ini ada sebagian guru BK masih menggunakan kurikulum K13 dalam melaksanakan dan memberikan layanan kepada peserta didik untuk dijadikannya sebagai acuan menjalankan kurikulum merdeka dikarenakan belum menerapkannya tetapi dalam menjalankan pelaksananya sebenarnya guru BK tersebut sudah sesuai dengan apa yang ada di kurikulum merdeka tatapi guru tersebut belum memahaminya. Dan ada juga sebagian guru BK sudah memahami dalam pemberian layanan berdasarkan kurikulum merdeka karena sudah menerapkanya dalam pemberian layanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:16 | ||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:16 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4549 |
Actions (login required)
View Item |