Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Perestasi Siswa Di Smp Negeri 1 Kepahiang

Nurkemala, Endah (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Perestasi Siswa Di Smp Negeri 1 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN PERESTASI SISWA DI SMP NEGERI 1 KEPAHI~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kepahiang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester pertama tahun ajaran 2019-2020.. Data dikumpulkan dengan observasi pengamatan dan dokumentasi. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih kurang pada mata pelajaran PAI kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kepahiang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kepahiang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar tes tertulis.. Hasil penelitian yaitu siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 26,5 termasuk kategori cukup, sedangkan rata-rata siswa 68,6, dengan ketuntasan belajar klasikal 73,33% ; Siklus II dengan rata-rata skor aktivitas siswa 33,5 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata siswa 75 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kepahiang. Maka disarankan kepada guru PAI Sekolah Menengah Pertama untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam pembelajaran, dan dalam penerapannya hendaknya guru memperhatikan pengaturan peran siswa dan melakukan persiapan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurkemala, EndahUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHarmi, HendraUNSPECIFIED
ReviewerYanuarti, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:52
Last Modified: 27 Oct 2019 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item