Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sman 03 Rejang Lebong

Yani, Eti April (2019) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sman 03 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI SMAN 03 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di SMAN 03 Rejang Lebong banyak permasalahan mengenai siswa siswi yaitu kurang disiplin, bolos pada saat jam pelajaran, merokok, melawan guru dan tidak menutup kemungkinan siswa yang masih senang berkelahi pada saat jam pulang sekolah.Untuk itu perlu adanya self-control dari guru PAI untuk menanganinya. Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan self control Siswa di SMAN 03 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui hasil yang dicapai guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control Siswa di SMAN 03 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam pengembangan self control SMAN 03 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) Penelitian ini berbentuk kualitatif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini ialah sebanyak 2 orang guru PAI, Kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data: Observasi (Pengamatan) dan Wawancara dan Dokumentasi. Dalam analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Penelitian ini disimpulkan; Pertama, strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan self Control siswa kdi SMAN 03 Rejang Lebong sebagai berikut: Kegiatan keagamaan, komunikasi dan kerjasama dengan guru BP dan siswa, memberikan instruksi, peringatan dan hukuman, komunikasi antara guru dan siswa atau personal, intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Kedua, hasil yang dicapai dari self control di SMAN 03 Rejang Lebong siswa lancar baca al-qur’an bahkan ada sebagian mereka mulai dari IQRO’. Ketiga, Faktor pendukung Seperti : kepala sekolah, Guru -guru memberikan dukungan. Faktor Penghambat: keterbatasan waktu menjadi penghambat dalam melaksanakan self control seperti sedikitnya jam pembelajaran PAI yang hanya bisa untuk penyampaian materi yang dituntut oleh kurikulum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yani, Eti AprilUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerWarsah, IdiUNSPECIFIED
ReviewerWanto, DeriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Agama Islam; dan Self Control
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item