Ayunisyah, Sandiya Desti and Sutarto, Sutarto and Baryanto, Baryanto (2023) Manajemen Sarana Prasarana Dalam Mendukung Mutu Pembelajaran Di Smks 6 Pertiwi Curup. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
TESIS SANDIYA FIX.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan perlu manajemen yang baik untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik sehingga akan menunjang layanan terhadap kualitas pendidikan. Keberhasilan proses belajar-mengajar membutuhkan fasilitas untuk mencapainya. Pentingnya sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang berlangsungnya proses pembelajaran yang optimal di sekolah dan realita mengenai manajemen sarana prasarana yang masih belum terlaksana secara efektif di sekolah pada umumnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Sumber data diperoleh dari hasil observasi lingkungan sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, waka sarana prasarana, dan dokumentasi serta memberikan angket kepada 65 siswa dan 5 guru untuk mengetahui mengenai mutu pembelajaran di SMKS 6 Pertiwi Curup. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang diguanakan adalah reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verivikasi, serta statistika deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajamen sarana prasarana dalam mendukung mutu pembelajaran di SMKS 6 Pertiwi Curup dilakukan sesuai fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan. Perencanaan diawali dengan menampung semua usulan pengadaan dan mengiventarisir kekurangan kelengkapan sekolah. Kemudian menyiapakan rencana kebutuhan perelengkapan sekolah dalam dua periode, menyusun rencana kebutuhan, memadukan rencana kebutuhan tersebut dengan persedian yang tersedia sebelumnya dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Langkah terakhir yang dilakukan adalah penetapan rencana pengadaan akhir. Pengadaan dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu droping dari pemerintah, membeli, meminta sumbangan, mengajukan proposal, menyewa/meminjam. Pengaturan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan. Penggunaan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, penyusunan jadwal penggunaan yang berbeda, menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai prioritas, pengajuan jadwal penggunaan pada awal tahun ajaran, penugasan/penunjukan personel, dan penjadwalan penggunaan sarana prasarana untuk kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Pengapusan dilakukan dengan beberapa cara yaitu pemilihan barang, memperhitungkan penghapusan dari segi nilai uang, membuat perencanaan, membuat surat pemberitahuan, mengadakan pembakaran, disaksiakan oleh atasan, membuat berita acara. Kegiatan manajemen sarana prasarana yang dilaksanakan di SMKS 6 Pertiwi Curup sudah mendukung mutu pembelajaran yang terlihat dari aspek kesesuaian, daya tarik, efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 03:03 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4394 |
Actions (login required)
View Item |