Wardana Wata, Tania and Arbaini Wahyningsih, Wiwin and Septiana, Anisya (2023) Analisis Kesiapan Mahasiswa PGMI Angkatan 2019 Ma'had Al-Jamiah Iain Curup Untuk Menjadi Guru Yang Revolusioner Abad Ke - 21. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
SKRIPSI TANIA WATA WARDANA 19591234.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada abad ke - 2 muncul teknologi baru yang mengakibatkan perubahan luar biasa di semua bidang tidak terkecuali pendidikan. Apabila fungsi guru hanya sebatas transfer ilmu kepada siswa atau hanya sekedar mengajar saja di dalam kelas, maka perannya akan tergantikan oleh teknologi,Teknologi terus berubah, menjadi lebih cepat atau lebih murah namun saat ini masih banyak guru yang resisten terhadap perkembangan teknologi sekalipun dunia pendidikan telah bertransformas secara optimal, sehingga kesiapan untuk menjadi guru sangat diperlukan mahasiswa PGMI IAIN curup. siswa yang dipersiapkan untuk menjadi instruktur masa depan bagi siswa di SD/MI adalah mahasiswa di Fakultas Tarbiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan dan informasi yang diperlukan untuk menjadi guru yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kesiapan mahasiswa PGMI Angkatan 2019 Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup untuk menjadi calon guru revolusioner abad ke-21. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Mixmethod yaitu memadukan dua pendekatan sekaligus yaitu kuantitatif dan kualitatif sehingga diharapkan menghasilkan data yang lebih akurat. Adapun sumber data penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Negri Curup Angkatan 2019 yang berkediaman di asrama Ma’had Al Jami’ah berjumlah 20 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. validasi instrumen dengan menggunakan validasi ahli. Selanjutnya data di analisis dengan mengunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa: 0 mahasiswa sangat tidak siap (STS) artinya dari 20 responden tidak ada mahasiswa yang sangat tidak siap, 0 mahasisiwa tidak siap (TS) artinya dari 20 responden tidak ada mahasiswa yang tidak siap, 3 mahasiswa kurang siap (KS) artinya terdapat 3 mahasiswa dari 20 responden yang kurang siap, 15 mahasiswa Siap (S) artinya terdapat 15 mahasiswa dari 20 responden yang siap, dan 2 mahasiswa sangat siap (SS) artinya terdapat 2 mahasiswa dari 20 responden yang sangat siap untuk menjadi calon guru pgmi revolusioner abad ke – 21.. Di analisis lebih lanjut melalui hasil wawancara kepada beberapa mahasiswa mengenai kesiapan untuk menjadi guru revolusioner abad ke – 21 Sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa Kesiapan Mahasiswa PGMI IAIN Curup angkatan 2019 untuk menjadi guru revolusioner abad ke – 21 berada pada kategori sangat sesuai atau siap sebagai calon tenaga pendidik. Kata Kunci : Kesiapan, Calon guru, guru revolusioner, guru transformatfi
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:14 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4334 |
Actions (login required)
View Item |