Strategi Mengajar Guru Pai Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Difabel Di Slb Kepahiang

Melati, Rindang and Harmi, Hendra and Idris, Muhammad (2023) Strategi Mengajar Guru Pai Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Difabel Di Slb Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI MENGAJAR GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DIFABEL DI SLB KEPAHIANG_RINDANG MELATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan bahwa pendidikan merupakan hak setiap manusia, termasuk orang-orang dengan kemampuan yang berbeda (difabel). Pada anak difabel terutama pada difabel tunagrahita yang memiliki kemampuan IQ dibawah 80 yang membuat minat dalam belajar menjadi terganggu, maka pada penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik difabel tunagrahita terhadap pembelajaran PAI di kelas 2 SDLB Kepahiang, 2) Untuk mengetahui strategi mengajar guru PAI dalam meningkatkan minat belajar peserta didik difabel tunagrahita di kelas 2 SDLB Kepahiang 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam menerapkan strategi mengajar guru PAI untuk meningkatkan minat belajar di kelas 2 SDLB Kepahiang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan analisis data dari miles dan Huberman dimana tahapan dalam analisi data ini adalah pertama data akan direduksi, lalu display data/penyajian data, dan terakhir menarik kesimpulan. Serta keabsahan data menngunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa minat belajar PAI pada difabel tunagrahita di SDLB Kepahiang maish tergolong kurang dan sedang, maka guru PAI menggunakan beberapa strategi yakni strategi pembelajaran targhib tarhib, strategi pembelajaran interaktif/aktif, strategi pembelajaran diindividualisasi dan pemberian pekerjaan rumah. Lalu ada beberapa faktor penghambat dalam mengimplementasikan strategi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik tunagrahita yaitu guru kesulitan dalam memberikan ancaman kepada siswa, sulit membangun ruang diskusi yang hidup, kemampuan belajar siswa yang berbeda dan orang tua siswa yang kurang peduli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Melati, Rindangrimela37@gmail.com
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:28
Last Modified: 08 Aug 2023 02:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item View Item