Efektivitas Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di Smpit Khoiru Ummah Rejang Lebong

Dahniarti, Nia and Mahfuz, Mahfuz and Zakiyah, Zakiyah (2023) Efektivitas Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di Smpit Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN CURUP.

[img] Text
SKRIPSI NIA DAHNIARTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an menjadi perhatian khusus di lembaga-lembaga pendidikan Islam terkhususnya di sekolah menengah pertama Islam terpadu tidak sedikit siswa kurang mampu membaca al-Qur’an dengan tajwid yang baik dan benar. Namun tentu kendala yang terjadi di lapangan adalah setiap peserta didik memiliki kemampuan hafalan yang berbeda, ada yang lebih cepat dan ada yang lambat, maka dengan metode wafa ini peserta didik harus efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Agar dapat menghafalkan setiap kalimat pada ayat al-Qur’an yang dilafalkannya. Dengan harapan fungsi otak kanan menjadi aktif, sehingga antara otak kanan dan otak kiri menjadi seimbang. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui praktik metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. (2) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru, Siswa. Pengumpulan data melalui Observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan kesimpulan atau verifikasi untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa : 1). metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Khoiru Ummah pembelajaran terbilang efektif untuk diterapkan. 2). Dengan menggunakan pembelajaraan metode wafa sangat membantu siswa dalam pembelajaran karena dengan metode otak kanan atau yang sering disebut metode wafa ini sangat fleksibel dapat mudah dipahami dan dipraktekkan. 3). Adapun faktor pendukung dan penghambat adalah faktor pendukung nya siswa sangat antusias dalam meningkatkan hapalan dengan menggunakan metode wafa,dengan metode wafa sangat mudah dalam membantu menghapal, dan faktor penghambat metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an adalah sudah terbiasa dengan pengucapan makharijul huruf yang belum benar, sehingga dalam membetulkannya dibutuhkan waktu yang lebih, faktor lingkungan, lingkungan keluarga yang kurang mendukung dalam proses belajar siswa. Kata Kunci : Efektivitas ,Metode Wafa, kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dahniarti, Nianiadahniarti2@gmail.com
Mahfuz, MahfuzUNSPECIFIED
Zakiyah, Zakiyahzakiyah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4324

Actions (login required)

View Item View Item