Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dan Upaya Pengembangan Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 2 Rejang Lebong

Putri, Niken Yolanda and Karolina, Asri and Idris, Muhammad (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dan Upaya Pengembangan Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI Niken.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi mengenai pentingnya keterampilan berpikir kritis. Dengan adanya keterampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa maka siswa dapat berpikir secara mendalam mengenai masalah-masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Rejang Lebong. Upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Terdapat kendala yang dihadapi dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas X IPS. Jenis data yang digunakan penulis ialah menggunakan data primer dan data skunder. Kemudian dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan bahwa, pertama keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI dalam proses pengembangan terbukti dengansiswa dapat memahami materi pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan model discovery learning, dengan menggunakan metode ceramah membuat sebagian siswa kurang aktif dalam belajar, siswa membuat suatu kesimpulan yang tepat dengan menggunakan metode tanya jawab, sebagian siswa dapat menganalisis suatu permasalahan dengan menggunakan metode diskusi dan pedekatan saintifik, menjaga suasana kelas yang tenang agar siswa dapat berpikir, siswa teliti dalam mengecek kembali keputusan yang diambil pada saat diskus. Kedua, upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran PAI yaitu meningkatkan pada proses penyampaian materi pembelajaran dengan mengguanakan metode diskusi dan tanya jawab, menyampaikan materi yang mudah diterima oleh siswa dengan menggunakan metode diskusi, memberi motivasi kepada siswa dengan berdiskusi, menarik perhatian siswa dalam menyampaikan materi, menciptakan suasana kelas yang tenang, mereview kembali materi yang disampaikan. Ketiga, siswa sulit memahami permasalahan yang diberikan, kemampuan yang dimiliki siswa berbeda-beda, sebagian siswa sulit memahami permasalahan yang dihadapi, sebagian siswa tidak fokus dalam belajar, suasana kelas yang ribut, rendahnya pemahaman yang dimiliki siswa. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, Pengembangan pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Niken Yolandanikenyp130601@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:04
Last Modified: 09 Aug 2023 04:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4272

Actions (login required)

View Item View Item