Muslihin, Ahmad and Nurjannah, Nurjannah and Sumarto, Sumarto (2023) Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai – Nilai Moderasi Beragama di SMPN 01 Ujan Mas, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Sarjana thesis, Institut agama Islam negeri.
Text
Skripsi Ahmad Muhlisin (2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini membahas tentang peran guru dalam menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di SMPN 01 Ujan Mas, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini memfokuskan kepada tiga pokok pembahasan penelitian yaitu bagaimana peran guru menanamkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas, bagaimana menerapkan nilai- nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas, bagaimana dampak peran guru dalam menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang melalui observasi,wawancara, dokumentasi dan data sekunder yaitu melalui hasil wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan yaitu penelitian sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjadi keabsahan data digunakan uji keradibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas. (2) untuk mengetahui bagaimana menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN01 Ujan Mas. (3) bagaimana dampak peran guru dalam menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas. Hasil penelitian menunjukkan : (1) peran guru dalam menanamkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas yaitu menggunakan beberapa metode diantaranya, ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan memberikan nilai – nilai moderasi beragama. (2) menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas agar mengetahui nilai –nilai moderasi beragama yang sudah ada. (3) bagaiaman peran guru dalam mengatasi dampak nilai – nilai moderasi beragama dengan memanfaatkan waktu belajar dengan semaksimal mungkin dan pemberian nasehat kepada siswa agar bisa menanamkan dan menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bagaimana guru memanamkan dan menerapkan nilai – nilai moderasi beragama yang ada, dan memberikan dampak peran guru dalam menanamkan dan menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah SMPN 01 Ujan Mas, agar siswa bisa menerapkan nilai – nilai moderasi beragama di lingkungan sekitarnya. Kata kunci : moderasi beragama, wawasan kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan menghargai budaya lokal
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:44 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:44 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4259 |
Actions (login required)
View Item |