Analisis Program Tahsin Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur'an di Rumah Qur'an Hanzah Rejang Lebong

Putri, Nadilla Cantika and Nelson, Nelson and Indrawari, Karliana (2023) Analisis Program Tahsin Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur'an di Rumah Qur'an Hanzah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Nadilla Cantika Putri skripsi .pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemeliharaan al-Qur‟an merupakan urusan Allah yang tertera pada Q.S al- Hijr: 9. Namun Allah juga telah melibatkan manusia untuk menjaga dan memelihara keotentikan al-Qur‟an dengan memudahkan al-Qur‟an untuk dipelajari dan dipahami melalui membaca, menghafal dan menulis al-Qur‟an atau dipahami dengan literasi al-Qur‟an. Melalui program tahsin diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap literasi al-Qur‟an agar dapat juga terlibat dalam menjaga keotentikan alQur‟an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pemahaman literasi al-Qur‟an di RQ Hanzah RL, mengetahui pelaksanaan program tahsin di RQ Hanzah RL dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat program tahsin diRQ Hanzah RL. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati deskriptif yang dengan pengambilan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: a) Pelaksanaan program tahsin dalam meningkatkan literasi al-Qur‟an di RQ Hanzah yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar program tahsin dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya analisis program tahsin dapat meningkatkan literasi al-Qur‟an di RQ Hanzah dengan melaksanakan diskusi/rapat kerja, penerimaan anak baru, menyusun terciptanya pembelajaran yang baik & penentuan evaluasi. b) Kompetensi literasi alQur‟an di RQ Hanzah terdiri atas kegiatan membaca, menghafal dan menulis alQur‟an. Kompetensi terhadap bacaan al-Qur‟an di RQ Hanzah yaitu 60%. Kompetensi menulis al-Qur‟an anak di RQ Hanzah RL baik , mencapai nilai 70-90 . Kompetensi terhadap hafalan al-Qur‟an di RQ Hanzah 63,6%. c) Faktor pendukung ialah adanya penggunaan pembelajaran yang menarik, ruangan khusus ketika belajar, pemberian materi tambahan, pemberian motivasi dan guru sesuai dengan kemampuan. Faktor penghambat ialah kekurangan tenaga pengajar dan kurangnya waktu belajar tahsin. Kata Kunci: Program Tahsin, Literasi al-Qur‟an, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Nadilla Cantikandllpt000@gmail.com
Nelson, Nelsonnelsoncurup@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:06
Last Modified: 08 Aug 2023 04:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item View Item