Implementasi Teknik Pembelajaran Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Mim 14 Talang Ulu

Agustini, Agustini (2016) Implementasi Teknik Pembelajaran Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Mim 14 Talang Ulu. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MIM~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MIM 14 Talang Ulu pada semester II tahun ajaran 2015/2016, adapun beberapa masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia, guru kurang kreatif dalam memberikan materi pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas, hanya menggunakan media papan tulis dan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari presentase hasil belajarnya pada siklus I, siklus II, dan siklus III dalam materi memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan pada siswa kelas V MIM 14 Talang Ulu dengan menggunakan teknik Paired Storytelling. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 15 orang dan guru Bahasa Indonesia V MIM 14 Talang Ulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, dan observasi. Analisis data dilakukan melalui pengolahan data tes evaluasi dan pengolahan data observasi. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan teknik Paired Storytelling dengan nilai rata-rata 59,33 dan ketuntasan belajar klasikal 40,00%. Setelah dilakukan penerapan teknik Paired Storytelling mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditunjukan dengan kenaikan nilai rata-rata siswa sebesar 72,00 pada siklus 1, meningkat 76,67 pada siklus II, dan meningkat 87,33 pada siklus III. Begitu pula persentase ketuntasan belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar 60,00% pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 80,00%, dan siklus III ketuntasan belajar klasikal 93,33%. Berdasarkan perolehan peningkatan presentase hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa penggunaan Teknik Paired Storytelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya di kelas V MIM 14 Talang Ulu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustini, AgustiniUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerNasution, Aida RahmiUNSPECIFIED
ReviewerAs'ad, Abd HamidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Paired; Storytelling; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 25 Oct 2019 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item