Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Rejang Lebong)

Dewi, Yulita Asmara and Sari, Dewi Purnama and Fadila, Fadila (2023) Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Yulita Lengkap.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an diturunkan Allah SWT kepada ummat manusia agar dijadikan sebagai pedoman dalam setiap aspek kehidupan. Dalam agama Islam melaksanakan pendidikan dan pengajaran Al-Quran adalah amalan ibadah kepada Allah SWT. Dapat diketahui bahwa setiap muslim mempunyai tanggung jawab dan berkewajiban untuk mengajarkan dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Melihat kenyataan pada saat ini masih banyak sekali siswa yang mengalami kesuliitan dalam membaca Al-Qur’an seperti pada siswa di SMP Negeri 02 Rejang Lebong. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study), Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data tentang jenis kesulitan siswa membaca Al-Qur’an dan upaya guru dalam mengatasinya. sumber data pada penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara pengumpulan data, Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data) dan Conclusion Drawing/ Verification . Tekhik keabsahan data adalah triangulasi sumber,tiangulasi waktu dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an seperti, belum bisa membaca Al-Qur’an seperti, belum mengenal huruf hijaiyah, belum lancar mengucapkan huruf-huruf hijaiyah, kesulitan ketika pengucapan makharijul huruf, kesulitan ketika mmenggabungkan, membedakan huruf dan kurangnya kesadaran dan minat untuk belajar membaca Al-Qur’an (2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an dengan menyediakan waktu 1 jam khusus untuk belajar membaca Al-Qur’an, dikhususkan disetiap 5-10 diawal pembelajaran, dan membuat program ekstrakulikuler risma dengan mengundang khusus orang dari kantor kementrian agama untuk mengajari siswa membaca Al-Qur’an (3) Peningkatan siswa dari upaya guru tersebut diantaranya, siswa bisa mengenal huruf hijaiyah, dan mengucapkannya dengan lancar sesuai makharijul huruf. Ada peningkatan kemauan motivasi siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an. Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Kesulian Siswa Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dewi, Yulita Asmarayulitaasmarad@gmail.com
Sari, Dewi Purnamadewipurnamasari@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:25
Last Modified: 03 Aug 2023 01:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item