Sasmita, Elvira and Kusen, Kusen and Rahmadeni, Fevi (2023) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Mata Pembelajaran Ipa Di SDN 28 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MATA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 28 LEBONG.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAN KONSEP SISWA KELAS VPADA MATA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 28 LEBONG Elvira Sasmita Nim: 19591065 SDN 28 Lebong, mengenai kemampuan pemahaman konsep mengenai materi gaya pada kelas V. Hasilnya bisa dikatakan terglong masih rendah.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembeljaran kontektual pada pembelajaran IPA, keampuan pemahaman konsep pada pembelajaran IPA dan pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Pada Mata Pembelajaran IPA di SDN 28 Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-Experimental Design degan rancagan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test and Postest Desing. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dkumentasi. Dengan uji prasyarat yaitu vaiditas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Adapun analisis data dengan rata-rata, persentase, standard deviasi, kriteria pengelompokan nilai, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pembelajaran Kontekstual pada mata Pembelajaran IPA di SDN 28 Lebong bahwa keterlaksanaan pembelajaran kontektual pada aktivitas guru adalah sebesar 80% dalam kategori layak dan aktivitas siswa dengan persentase 74,28% termasuk dalam kategori layak. 2) Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Setelah Diterapkan Pembelajaran Kontekstual Kelas V Pada Mata Pembelajaran IPA di SDN 28 Lebong bahwa Dalam Pretest pada kategori tinggi terdapat 5 siswa atau 20%, sedang terdapat 11 siswa atau 44%, Rendah ada 5 siswa atau 20%, dan sangat rendah dengan jumlah 4 orang atau 16 %. Sedangkan posttest pada kategori tinggi terdapat 3 siswa atau 12%, sedang terdapat 9 siswa atau 36%, Rendah ada 11 siswa atau 44%, dan sangat rendah dengan jumlah 2 orang atau 8 %. 3) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Pada Mata Pembelajaran IPA di SDN 28 Lebong. Pada t hitung atau t kritis maka diperoleh nilai signifikansi = 0,000 karena 0,000<α 0,05 dan t hitung sebesar 6,577 > t tabel dengan df (n-1/25-1= 24) yaitu sebesar 1.71088. Yang artinya pengaruh yang signifikan terhadap Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Pada Mata Pembelajaran IPA di SDN 28 Lebong. Kata Kunci: Pembelajaan Kontektual, dan pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:20 | ||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
View Item |