Pengaruh Selebgram Endorsement, Personal Branding dan Popularitas Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Usaha Kuliner Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong)

Agustin, Noris and Hendrianto, Hendrianto and Permata, Citra Puspa (2023) Pengaruh Selebgram Endorsement, Personal Branding dan Popularitas Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Usaha Kuliner Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH SELEBGRAM ENDORSEMENT, PERSONAL BRANDING DAN POPULARITAS TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN UMKM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Usaha Kuliner Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong).pdf

Download (3MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai sektor yang menyimpan potensi ekonomi yang besar bagi Indonesia, perlu media pemasaran yang efektif guna memperluas jangkauan pasar. Salah satu cara promosi yang dilakukan pelaku usaha untuk mendapatkan konsumen baru disebut dengan endorsement. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM kuliner di Kecamatan Curup pengguna jasa selebgram endorsement yang berjumlah 45 dan sampel yang diambil berdasarkan tabel issac dan michel dengan tingkat kesalahan 5%. Alat bantu untuk analisis data menggunakan IBM SPSS version 26. Hasil penelitian menunjukkan variabel selebgram endorsement memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan pada variabel personal branding memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,197 > 0,05. Sedangkan variabel popularitas memiliki nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa selebgram endorsement dan popularitas berpengaruh positif dan signifikan secara parsial. Sedangkan personal branding berpengaruh negatif dan tidak signifikan secara parsial terhadap peningkatan volume penjualan. Secara simultan selebgram endorsement, personal branding dan popularitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustin, Norisnoris.agustin2808@gmail.com
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Permata, Citra Puspacitrapuspa@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:40
Last Modified: 31 Jul 2023 07:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item