Penggunaan Metode Cerita Bernuansa Islami Dalam Upaya Menanamkan Moral Siswa di Sekolah Dasar 134 Rejang Lebong

Juwita, Vera and Cikdin, Cikdin and Indrawari, Karliana (2023) Penggunaan Metode Cerita Bernuansa Islami Dalam Upaya Menanamkan Moral Siswa di Sekolah Dasar 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Lengkap Vera Juwita.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari guru Pendidikan Agama Islam yang menggunakan metode cerita dalam menyampaikan materi pembelajaran yang kemudian mengambil isi pesan yang terkandung dalam cerita dalam upaya penanaman moral kepada siswa. Perlunya upaya penanaman moral melalui penggunaan metode cerita diharapkan dapat membuat nilai-nilai yang diajarkan dapat dihayati dan dimaknai oleh anak didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclution drawing and varification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode cerita bernuansa Islami dalam upaya menanamkan moral siswa pada kelas V A telah digunakan oleh guru kepada siswa saat proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran guru akan menggunakan buku ajar dan LKS sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran, guru melakukan pemilihan materi yang sesuai untuk penggunaan metode cerita yang kemudian dalam penyampaianya guru akan menggunakan beberapa cara yaitu penyampaian langsung tanpa alat peraga dan media, menggunakan smart hafiz serta infokus. Cerita yang disampaikan dipilih oleh guru adalah cerita Islami seperti kisah nabi dan rosul, sahabat nabi serta akhlak terpuji. Kemudian cerita yang disampaikan tersebut mengandung nilai moral yang berkenaan dengan akidah, kehidupan sosial, sabar, jujur, adil dan mampu mengendalikan diri. Selanjutnya terdapat faktor pendukung dan juga penghambat dalam penggunaan metode cerita bernuansa Islami dalam upaya menanamkan moral siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Juwita, Veraverajuwita0817@gmail.con
Cikdin, CikdinUNSPECIFIED
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:38
Last Modified: 27 Jul 2023 08:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item